PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOLA KERANJANG BAGI ANAK USIA DINI DI TK PGRI PRAYUNGAN SAWOO PONOROGO

  • Bunga Kurnia Juliandra Bunga Kurnia Juliandra Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Peran Guru, mengembangkan motorik kasar, Anak Usia Dini, Permainan Bola Keranjang

Abstract

Guru mempunyai peranan penting dalam pengembangan motorik anak. Peran guru diperlukan untuk mengembangkan motorik kasar anak agar anak memiliki keterampilan-keterampilan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun sosialnya kelak. Di TK PGRI menerapkan kegiatan bermain bola keranjang untuk membantu mengembangkan motorik kasar anak karena terdapat tugas gerak yang menyenangkan seperti berlari, berjalan, melompat, meloncat, dan juga melempar. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Melalui Permainan Bola Keranjang Bagi Anak Usia Dini Di TK PGRI Prayungan Sawoo Ponorogo.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peran guru dalam mengembangkan motorik kasar melalui permainan bola keranjang bagi anak usia dini di TK PGRI Prayungan. (2) Mengetahui metode dalam mengembangkan motorik kasar melalui permainan bola keranjang bagi anak usia dini di TK PGRI Prayungan. (3) Mengetahui capaian perkembangan motorik kasar melalui permainan bola keranjang bagi anak usia dini di TK PGRI Prayungan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data yang peneliti lakukan pada penelitian ini adalah menguji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru sudah dilaksanakan dengan baik, peran guru dalam mengembangkan motorik kasar melalui permainan bola keranjang meliputi: Guru sebagai fasilitator, motivator, model perilaku, pengamat, pendamai, pendidik, pengasuh, evaluator, komunikator, dan administrator. (2) Metode dalam mengembangkan motorik kasar melalui permainan bola keranjang bagi anak di TK PGRI Prayungan menggunakan metode bermain, demonstrasi dan praktik langsung. (3) Hasil capaian perkembangan motorik kasar anak melalui permainan bola keranjang berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) usia 4-5 tahun (Kelompok A) bahwa anak dapat memiliki kemampuan berjalan, berlari, melompat, meloncat dan melempar dengan hasil berkembang sesuai harapan (BSH).

Published
2022-12-30