Internasionalisasi Nilai Karakter Religius Melalui Sholat Dhuha Bagi Anak Usia Dini di TKIT 1 Qurrota A'yun Ponorogo

  • Rifatus Sholikhah Zahroh IAIN Ponorogo
Keywords: Anak usia dini, Karakter religius, Sholat Dhuha

Abstract

Karakter religius merupakan bentuk ketaatan seseorang terhadap Tuhannya untuk menjalankan perintahNya. Karakter religius dapat ditanamkan kepada anak-anak melalui kegiatan keagamaan seperti sholat, dan mengaji. Untuk itu maka timbul masalah bagaimana pelaksanaan karakter religius dan keberhasilannya melalui sholat dhuha bagi anak usia dini. Tujuan dari pelaksanan karakter religius yaitu anak-anak mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari yang salah satunya melalui sholat dhuha.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu: (1) menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, (2) data dan sumber, (3) prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, (4) teknik analisis data yang digunakan yaitu dari Miles dan Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data, (5) triangulasi data digunakan sebagai pengecekan keabsahan data melaui triangulasi sumber. Lokasi yang digunakan untuk melakukan penelitian yaitu di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.

Keberhasilan dari penelitian ini dapat dilihat dari: 1) pelaksanaan karakter religius dilihat dari bagaimana guru berhasil memberikan contoh yang baik kepada anak melalui pengajaran seperti bercerita, tanya jawab dan pemberian contoh secara langsung kepada anak-anak. 2) keberhasilan internalisasi nilai karakter religius melalui sholat dhuha diantaranya: pertama, nilai sikap jujur dibuktikan ketika anak berbicara sesuai keadaan yang dialaminya. Kedua, nilai beriman dan bertakwa terlihat pada sikap meyakini adanya ciptaan Tuhan. Ketiga, sabar dan ikhlas ditunjukkan dengan adanya sholat dhuha, sehingga menjadi suatu kebiasaan anak sehari-hari. Keempat, rasa syukur terlihat anak merasa senang dengan adanya kegiatan sholat dhuha di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.

Published
2022-12-30