Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Abstract
Pembelajaran menjadi aktivitas terpogram dan terencana dalam mengarahkan peserta didik melalui kompetensi professional, kepribadian, sosial, dan pedagogik Anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak normal pada umumnya sehingga anak berkebutuhan khusus melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan perencanaan yang matang untuk menghasilkan pemahaman, kemampuan dan keterampilan keagamaan pada anak berkebutuhan khusus sebagai fondasi bagi keimanan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di taman kanak-kanak. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif menjadi metode pada penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian digolongkan pada data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak usia dini dimulai dengan membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan setiap anak, kemudian juga menyiapkan media pembelajaran sebagai pendukung.