Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini pada Pembelajaran Matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo

  • Maulidina Yuniatu Thoyibah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Tirta Dimas Wahyu Negara
Keywords: Peran Guru, Kemampuan Kognitif, Matematika Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk berfikir lebih kompleks serta kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada pembelajaran matematika maka perlu adanya peran seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran matematika anak usia dini di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo, (2) kemampuan kognitif anak usia dini pada pembelajaran matematika di RA Musimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo, dan (3) peran guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada pembelajaran matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo.Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono di terapkan melalui model bermain sambil belajar. (2) Kemampuan kognitif anak kelompok B pada pembelajaran matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo mayoritas pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hal ini ditujukan dengan rata-rata anak mampu menyebutkan dan menulis urutan bilangan 1-10, membilang banyak gambar dan benda, operasi penjumlahan dan pengurangan 1-10. (3) Peran guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada pembelajaran matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo terdiri dari tiga peran yaitu peran guru sebagai pengajar, sebagai pelatih dan sebagai pembimbing.

Published
2022-07-27