Efektivitas Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Alfabet Anak Usia 4 - 5 Tahun di Taman Kanak-Kanak PKK Bekiring Kecamatan Pulung Ponorogo
Abstract
Berbagai macam media dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas serta memudahkan anak dalam memahami pembelajaran salah satunya yaitu media flash card. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak usia 4 – 5 tahun (kelompok A) di Taman Kanak-Kanak PKK Bekiring Kecamatan Pulung Ponorogo dalam mengenal alfabet melalui media flash card. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik kuantitaf dan kualitatif dengan indikator keberhasilan 75%. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa media flash card mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal alfabet dengan rincian pada siklus 1 40% anak dinyatakan lulus, siklus 2 65% anak dinyatakan lulus, dan siklus 3 85% anak dinyatakan lulus.