Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Pemecahan Masalah Anak Usia Dini melalui Balok Cruissenaire di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo

  • Uswatun Khasanah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • M. Fathurahman IAIN Ponorogo
Keywords: Upaya Guru, Belajar Pemecahan Masalah, Balok Cruissenaire

Abstract

Di KBIT Ulul Albab terdapat anak yang mampu memecahkan masalah dengan baik, namun ada beberapa anak yang masih kesulitan dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan belajar pemecahan masalah anak usia dini di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan belajar pemecahan masalah anak usia dini melalui balok cruissenaire di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo; dan (3) capaian perkembangan belajar pemecahan masalah anak usia dini melalui balok cruissenaire di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulkan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan belajar pemecahan masalah anak usia dini di KBIT Ulul Albab adalah melihat karakteristik perkembangan anak, menyediakan media dan alat peraga, mengatur lingkungan belajar, mengemas pembelajaran melalui bermain, dan penampilan guru dalam memberikan pembelajaran. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan belajar pemecahan masalah anak usia dini melalui balok cruissenaire di KBIT Ulul Albab adalah faktor lingkungan, kematangan, pembentukan keterampilan kognitif, minat dan bakat, serta kebebasan bereksplorasi. (3) Capaian perkembangan belajar pemecahan masalah anak usia dini melalui balok cruissenaire di KBIT Ulul Albab adalah paham bila ada bagian yang hilang, menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya, menyebutkan berbagai macam kegunaan dari benda, memahami persamaan antara dua benda, memahami perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama, bereksperimen dengan bahan menggunakan cara baru, mengerjakan tugas sampai selesai, menjawab apa yang akan terjadi selanjutnya dari berbagai kemungkinan, menyebutkan bilangan angka 1-10, dan mengenal beberapa huruf atau abjad tertentu dari A-Z yang pernah dilihatnya.

Published
2024-07-31