Program Pra Sekolah Inklusi Pasca Pandemi Covid-19
Abstract
Pendidikan inklusif adalah layanan pendidikan yang memberikan kemampuan kepada semua siswa yang berkelainan dan berpotensi cerdas atau berbakat istimewa untuk mengikuti pembelajaran siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami program PAUD inklusif dalam konteks pasca pandemi covid 19, bagaimana bentuk program PAUD inklusif dikembangkan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan implementasi program PAUD inklusif. Format program termasuk PAUD dikembangkan di atas program PAUD reguler yang dimodifikasi. Persiapan program integrasi PAUD tergantung pada jenis gangguan, tingkat keparahan gangguan, dan hasil penilaian yang dilakukan. Format program disesuaikan dengan aspek pengembangan nilai-nilai agama dan moral, pengembangan gerak fisik, pengembangan kognitif, pengembangan bahasa, pengembangan sosial emosional dan seni. Faktor penghambat dalam pelaksanaan program PAUD inklusi antara lain keterbatasan informasi tentang PAUD inklusi, pelatihan guru yang tidak memadai, dan kurangnya referensi tentang PAUD inklusi. Elemen pendukungnya antara lain bekerja sama secara holistik untuk memudahkan orang tua, guru, dan terapis dalam memberikan pendidikan yang komprehensif dan terintegrasi. Disarankan agar PAUD bekerja sama dengan pengelola sekolah inklusi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru.