Penggunaan Media Playdough Untuk Mengembangkan Sikap Kreatif Anak Usia Dini Di RA Perwanida Ngrandu Kauman Ponorogo

  • Zihan Azizatul Rohmatin IAIN Ponorogo
  • Yuli Salis Hijriyani
Keywords: Media Playdough, Sikap Kreatif, Anak Usia Dini

Abstract

Kegiatan bermain Playdough memiliki hubungan erat dengan aspek perkembangan sikap kreatif untuk merangsang perilaku tindakan anak terhadap suatu benda Oleh karena itu penelitian ini dalam menggunakan media Playdough untuk mengembangkan sikap kreatif sangat penting dilakukan mengingat masa keemasan anak sehingga penelitian penting dilakukan di RA Perwanida.

Hal tersebut dilaksanakan untuk: mengetahui penggunaan Playdough dalam kegiatan pembelajaran di RA Perwanida Ngrandu Kauman Ponorogo,  mengetahui sikap kreatif anak usia dini di RA Perwanida Ngrandu Kauman Ponorogo, dan mengetahui keberhasilan penggunaan Playdough untuk mengembangkan sikap kreatif anak usia dini di RA Perwanida Ngrandu Kauman Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) penggunaan Playdough dalam kegiatan pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahapan seperti: guru menjelaskan materi, memilih jenis bahan dan alat, membuat adonan Playdough bersama anak, membagikan adonan, membentuk bebas sesuai imajinasi, membentuk Playdough sesuai yang dicontohkan guru dengan tambahan media bahan bekas 2) sikap kreatif anak sebagaimana terlihat bahwa sudah menunjukkan peningkatan perkembangan dengan sangat baik. Hal ini terbukti anak dapat mencapai indikator sikap kreatif seperti mengeksplor dan bertanya, menuangkan ide dan bercerita, menyelesaikan tugas, mempunyai jiwa seni, mengerjakan tanpa bantuan, mendengar instruksi guru 3) keberhasilan penggunaan Playdough untuk mengembangkan sikap kreatif terlihat bahwa anak-anak sudah bisa memahami penggunaan Playdough yang disampaikan guru serta anak mampu dalam pemanfaatan media Playdough. Selain itu, anak dapat memvariasikan Playdough menjadi berbagai bentuk sehingga pengembangan sikap kreatif anaktercapai dengan optimal.

Published
2023-06-30