Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B di RA Muslimat NU 113 Bajang Mlarak Ponorogo

  • Dina Kurnia Rahmawati IAIN PONOROGO
  • Yuli Salis Hijriyani
Keywords: Membaca Huruf Hijaiyah, Metode Demonstrasi, Anak Usia Dini

Abstract

Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf
hijaiyah kurang kreatif sehingga terdapat anak yang masih bingung
membedakan huruf hijaiyah. Artikel ini bertujuan: 1) untuk
mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan
membaca huruf hijaiyah melalui metode demonstrasi, dan 2) untuk
mengetahui capaian kemampuan anak dalam membaca huruf
hijaiyah melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisisnya, peneliti
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan analisis data, peneliti
menemukan hasil penelitian: 1) upaya guru dalam meningkatkan
kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode demonstrasi
adalah dengan menggunakan flashcard/kartu bergambar, APE
pohon hijaiyah, APE puzzle, APE papan stik huruf hijaiyah dan
membaca huruf hijaiyah di papan tulis. 2) capaian kemampuan
membaca huruf hijaiyah melalui metode demonstrasi dapat
dikatakan cukup baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa kemampuan
anak dalam membaca huruf hijaiyah sudah Berkembang Sesuai
Harapan (BSH), dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Anak
mampu mencapai indikator dalam membaca huruf hijaiyah melalui
metode demonstrasi. Terlihat dari anak mampu menirukan
pelafalan huruf hijaiyah sesuai makhroj dan tanda baca,
menyebutkan huruf hijaiyah secara acak serta membaca huruf
hijaiyah di papan tulis. Keberhasilan capaian kemampuan tersebut
tidak terlepas dari minat, motivasi, dukungan orangtua dan
lingkungan anak dalam belajar membaca huruf hijaiyah.

Published
2022-12-30