Gaya Bahasa Habib Husein Ja’far dalam Video Youtube “Palestina dan Israel bukan Konflik Agama”

  • Fazzarina Zanuba Arrifah IAIN Ponorogo
  • Ahmad Choirul Rofiq IAIN Ponorogo

Abstract

Dalam melakukan dakwah tentunya seorang dai memperhatikan strategi agar dakwah yang disampaikan dapat diterima masyarakat khususnya kalangan muda. Hanung Hisbullah sebagaimana dikutip Dewi Fitriani bahwa gaya bicara merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pembicara agar dapat diterima masyarakat. Salah satunya Habib Husein Jafar, dalam dakwahnya tentu menggunakan gaya bahasa yang mampu menarik perhatian pendengar. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya bahasa seperti apa yang digunakan Habib Husein Jafar dalam video YouTube yang dapat menarik perhatian pendengar.

Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data. Kemudian observasi dengan cara mengamati video dakwah Habib Husein Jafar di YouTube dan dokumentasi berupa profil Habib Husein Jafar. Hasil penelitian ini yaitu: Berdasarkan pilihan kata, beliau menggunakan gaya bahasa tak resmi dan percakapan, berdasarkan nada suara menggunakan bahasa mulia dan bertenaga, berdasarkan struktur kalimat Habib Husein Jafar banyak menggunakan gaya bahasa klimaks, antiklimaks dan antitesis.

Published
2024-02-28
How to Cite
Zanuba Arrifah, F., & Choirul Rofiq, A. (2024). Gaya Bahasa Habib Husein Ja’far dalam Video Youtube “Palestina dan Israel bukan Konflik Agama”. JUSMA: Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.21154/jusma.v3i1.631
Section
Articles