SELF REGULATION SANTRIWATI PENGHAFAL QUR`AN DI ASRAMA PUTRI PONDOK PESANTREN AL ISLAM JORESAN
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan self regulation santriwati penghafal Qur`an dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah self regulation santriwati penghafal Qur`an yang meliputi: 1) Aspek metakognisi para narasumber berupaya memahami diri dengan baik, memahami prioritas kegiatan, dan perencanaan strategi menghafal yakni dengan mengulang-ulang bacaan, halaqoh, dan murojaah. 2) Aspek motivasi, para narasumber menjadikan sosok orangtua sebagai penyemangat dalam menghafal. Selain itu, harapan yang ingin diwujudkan yakni melanjutkan ke perguruan tinggi. 3) Aspek perilaku, para narasumber mengurangi mengobrol, mempersedikit tidur, serta tidak berlama-lama di kamar. Sedangkan dalam pengaturan waktu, para narasumber memilih waktu dhuhur untuk menghafal dan murojaah. Faktor-faktor yang mempengaruhi self regulation para narasumber yakni kaktor penghambat diantaranya: rasa malas dan pengaruh teman. Faktor pendorong yakni berupa fasilitas yang diberikan kepada santriwati penghafal Qur`an, motivasi dari para ustadz, support dari keluarga, dan komitmen yang tinggi.
Copyright (c) 2022 Ulin Nuriyatul Fitroti, Muhammad Irfan Riyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.