IMPLEMENTASI MAHĀLLUL QIYĀM UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA MASUK KELAS TEPAT WAKTU
Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak, Tonatan, Ponorogo
Abstract
penelitian ini adalah membahas tentang fenomena mahāllul qiyām yang ada di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana mendisiplinkan siswa agar masuk kelas tepat waktu dengan pendekatan mahāllul qiyām. Mahāllul Qiyām (saatnya berdiri) adalah ketika kita membaca selawat nabi yang merupakan penghormatan terhadap Nabi sebagai hamba Allah yang paling mulia. Di Madrasah Darul Huda Mayak, Tonatan, Ponorogo mengajarkan hal tersebut sebagai upaya agar para siswa mampu menerapkan sikap disiplin. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan mahāllul qiyām pada siswa agar masuk kelas tepat waktu 2) Mendeskripsikan bagaimana dampak mahāllul qiyām dalam meningkatkan disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan teori Behavior, dan metode kualitatif untuk menjelaskan Implementasi mahāllul qiyām dalam meningkatkan disiplin siswa. Adapun proses pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan analisis data melalui tiga tahap yaitu: reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan mahāllul qiyām dalam meningkatkan disiplin siswa terbagi menjadi dua tahap yakni: penerapan itu sendiri dan dampaknya. Berikutnya adalah manfaat yang diperoleh dari penerapan mahāllul qiyām yaitu mengetahui tingkat keterlambatan siswa, sehingga siswa dapat melakukan pembenahan diri dalam meningkatkan disiplin dan menanamkan nilai-niai positif melalui pembiasaan membaca selawat.