Interasi Simbolik Antara Guru Dan Santri Dalam Sistem Pembelajaran Di Taman Pendidikan Al-Quran An Nahdloh Kediri

  • M. Syahrul Ulum IAIN Kediri
Keywords: Interaksi Simbolik, TPQ, Komunikasi

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial saling berinteraksi satu sama lain. Termasuk dalam pelaksanaan sistem pembelajaran pendidikan non formal yaitu TPQ. Tulisan ini mendeskripsikan bagaimana interaksi antara guru dan santri dalam melaksanakan sistem pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan fenomena bentuk interaksi yang dilakukan oleh guru dan santri dalam lembaga pendidikan non formal. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan telaah pustaka. Hasil penelitian dengan menggunakan pisau analisis interaksi simbolik menunjukkan bahwa di dalam interaksi antara guru dan santri di TPQ An Nahdloh terdapat 3 (tiga) konsep utama. Mind (Pikiran), Pada proses kali ini pembelajaran guru memberikan perintah ataupun arahan kepada santri dalam sistem pembelajran di TPQ sehingga santri dapat merespon apa yang dilakukan oleh guru sehingga menimbulkan feedback antara guru dan santri. Self (Diri), Self merupakan kemampuan untuk merefleksikan diri tiap individu dari penilaian sudut pandang atau pendapat orang lain pada proses komunikasi yang terjadi dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Society (Masyarakat), TPQ An Nahdloh terletak di RT 1 RW 3 Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kediri, TPQ An Nahdloh terbentuk dari pikiran masyarakat yang merasa perlu membentuk karakter anak melalui pendidikan agama

Published
2024-02-28
How to Cite
M. Syahrul Ulum. (2024). Interasi Simbolik Antara Guru Dan Santri Dalam Sistem Pembelajaran Di Taman Pendidikan Al-Quran An Nahdloh Kediri. JUSMA: Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat, 3(1), 81-95. https://doi.org/10.21154/jusma.v3i1.3003
Section
Articles