Jurnal Tadris IPA Indonesia https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii <p><strong>Jurnal Tadris IPA Indonesia</strong> is published by Jurusan Tadris IPA, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo regarding the latest issues and trends in research and community service in the field of Natural Sciences. This journal is a peer-reviewed journal which is published three times a year, in March, July and November.</p> <p>ISSN (Print): 2776-3625 ISSN (Online): 2776-3617</p> en-US <p>Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.</p> [email protected] (Faninda Novika Pertiwi) [email protected] (Ulinnuha) Tue, 14 May 2024 16:05:44 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Gambar Ilustratif Naturalis Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/3057 <p>Berdasarkan hasil <em>preliminary study </em>minat baca siswa terhadap materi pembelajaran cenderung masih rendah karena sumber materi pembelajaran kurang beragam. Guru hanya menggunakan materi pembelajaran terutama berupa contoh gambar pada LKS siswa, sehingga pemahaman teori siswa kurang menarik. Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti menggunakan media gambar <em>ilustratif naturalis </em>dalam proses pembelajaran pada tema Tumbuhan <em>Angyospermae </em>untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis literasi sains dengan media gambar <em>ilustratif naturalis</em> untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&amp;D (<em>Research and Development</em>) untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitas produk. Berdasarkan hasil penelitian keterlaksanaan dalam penggunaan media ini diperoleh presentase rata-rata 87 % dari kelompok 2 dalam kriteria sangat baik dengan menggunakan indikator kemampuan berpikir analitis yaitu membedakan, mengorganisasi, dan menghubungkan. Dapat disimpulkan dari penelitian bahwa Penggunaan Gambar <em>Ilustratif Naturalis </em>sebagai media belajar dapat membantu para pendidik untuk mengarahkan peserta didik menemukan suatu konsep melalui aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.</p> Nafidhotur Rofingah, Wirawan Fadly Copyright (c) 2024 Nafidhotur Rofingah, Wirawan Fadly https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/3057 Tue, 14 May 2024 15:03:38 +0000 Penerapan Teori Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Keterampilan Mengambil Keputusan https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/3129 <table width="605"> <tbody> <tr> <td width="425"> <p>Perkembangan abad 21 mengharuskan peserta didik untuk memiiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi abad 21 adalah keterampilan mengambil keputusan. Sains yang bersifat abstrak membutuhkan pendekatan yang sesuai dalam pembelajaran, salah satunya adalah dengan diterapkannya teori pembelajaran kontekstual dengan pendekatan <em>scientific literacy</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengambilan keputusan dan indikator keterampilan pengambilan keputusan peserta didik pada topik ekologi, juga untuk mengetahui apakah terdapat dampak dan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan pengambilan keputusan dari penerapan teori pembelajaran kontekstual dan pendekatan literasi sains. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain <em>one group pre-test and post-test design</em>. Teknik pengambilan sampel berupa nonprobability sampling. Sampel yang digunakan adalah 14 peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Boarding School Pringkuku. Analisis data&nbsp; yang dilakukan adalah analisis parametrik dengan melakukan uji <em>paired sample t-test</em>. Hasil penelitian menunjukkan terdapat variasi keputusan setiap peserta didik dengan indikator pengambilan keputusan tertinggi dalam mengidentifikasi pilihan dan menentukan pilihan. Terdapat pengaruh dan perubahan yang signifikan dengan rata-rata selisih sebesar 14,28 dan effect size sebesar 1,322. Hasil penenitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori pembelajaran kontekstual dengan pendekatan <em>scientific literacy</em> memberikan dampak yang positif terhadap keterampilan mengambil keputusan bagi peserta didik.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Alsya Nurnabilla Tasyakuri, Ulinnuha Nur Faizah Copyright (c) 2024 Alsya Nurnabilla Tasyakuri, Ulinnuha Nur Faizah https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/3129 Tue, 14 May 2024 15:59:56 +0000 Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Socio Scientific Issue Dalam Pembelajaran IPA untuk Mewujudkan Empati Kognitif Siswa https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/3127 <p>Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di berbagai jenjang pendidikan dapat dijadikan sebagai ujung tombak pendidikan karakter dan salah satunya dalam menanamkan empati kognitif pada siswa. Penelitian ini berlatar belakang mengenai permasalahan empati kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peran model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan socioscientific issue dalam mewujudkan empati kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan melakukan eksperimen. Dalam mengolah data penelitian ini menggunakan uji paired t-test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implemetasi model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan socioscientific issue berpengaruh terhadap empati kognitif siswa<strong>. </strong>Dalam pengimplementasian Sosioscientific issue dengan penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat membantu meningkatkan empati kognitif; sehingga siswa menjadi lebih tanggap terhadap lingkungannya dengan ilmu yang diperoleh.</p> Prifatma Baqiatun Nafiah, Aristiawan Aristiawan Copyright (c) 2024 Prifatma Prifatma Baqiatun Nafiah, Aristiawan Aristiawan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/3127 Tue, 14 May 2024 15:44:48 +0000 Pemahaman Siswa Terhadap Keyakinan Epistemik dan Implementasi Pada Materi Bencana Alam Berbasis Socio-Scientific Issue https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/3155 <p>Indonesia termasuk salah satu negara berkembang dengan mutu Sumber Daya Manusia dan kualitas pendidikan yang tergolong rendah. Menurut PISA 2022, literasi sainsnya kurang yang mengakibatkan pelajar Indonesia berada di peringkat 64 dari 81 negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap keyakinan epistemik dan Implementasi pada pembelajaran IPA berbasis <em>socio-scientific issue</em>. Penelitian ini menggunaakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Populasi penelitian ini menggunakan 10 sampel random sampling yaitu siswa kelas VIII SMP/MTs&nbsp; di kecamatan Pulung. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan survey angket secara langsung.&nbsp; &nbsp;Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP/MTs di Pulung memiliki persentase keyakinan epistemik pada empat dimensi yaitu 65% kepastian, 75% kesederhanaan, 60% sumber pengetahuan dan 75% justifikasi. Berdasarkan tiga indikator seperti mengeksplorasi, menganalisis, dan mengaplikasikan konsep sains siswa memiliki nilai diantara 42%-92% dengan rata-rata sebesar 72%. Apabila dilihat dari hasil kedua analisis, perolehan data menunjukkan bahwa siswa memiliki keyakinan epistemik pada tingkat sedang. Pada analisis data yang ketiga, penelitian ini telah menganalisis kata kunci berbentuk <em>treemap</em> dan diperoleh hasil bahwa terdapat 11 item kata kunci dengan warna yang berbeda dan bentuk yang berbeda, semakin kecil bentuk maka kuantitas data akan semakin kecil. Analisis data yang terakhir yaitu menentukan faktor yang mempengaruhi tingkat keyakinan epistemik siswa diabad 21 yaitu faktor <em>internal </em>(motivasi diri, kesiapan belajar) dan faktor <em>eksternal</em> (sarana prasarana, lingkungan belajar, kurikulum belajar, guru, metode belajar, media belajar dan literasi sains). Berdasarkan hasil penelitian keyakinan epistemik siswa masih dalam tingkat sedang sehingga untuk ditingkatkan kembali.&nbsp;</p> Eka Safitri, Wirawan Fadly Copyright (c) 2024 Eka Safitri, Wirawan Fadly https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/3155 Thu, 16 May 2024 00:00:00 +0000