TRANSFORMASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI JOYFULL LEARNING DI MTS MA’ARIF KLEGO PONOROGO
Abstract
ABSTRAK
Transformasi pembelajaran IPS melalui strategi joyfull learning di sekolah menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui transformasi pembelajaran IPS melalui strategi joyfull learning di MTs Ma’arif Klego. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pada Metode pengumpulan data yang digunakan dalam melakukan penelitian ini ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan meliputi, reduksi data, penyajian data dan conclusion. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa transformasi pembelajaran IPS melalui joyfull learning merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Ma’arif Klego. Strategi ini tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan tetapi juga efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan beberapa langkah sederhana seperti ice breaking, permainan edukatif, dan pembelajaran di luar kelas mampu memberikan dampak signifikan untuk memberikan proses belajar yang menyenangkan dan meraih hasil yang baik.
Copyright (c) 2025 arifin, Arsyad Muhammad Sajjad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.