PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA BERBASIS 3R (REDUE, REUSE, RECYCLE) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMPN 6 PONOROGO

  • Rosita Mufidatun Nikmah IAIN PONOROGO
  • Nastiti Mufidah IAIN Ponorogo
Keywords: Program Adiwiyata, 3R, Karakter Peduli Lingkungan

Abstract

Program adiwiyata merupakan program yang berisi kebijakan tentang sekolah berwawasan lingkungan yang dituangkan dalam bentuk peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 tetang pedoman pelaksanaan Adiwiyata. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui (1) perencanaan program adiwiyata berbasis 3R (reduce, reuse, recycle) dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan siwa SMPN 6 ponorogo; (2) implementasi program adiwiyata berbasis 3R ( reduce, reuse, recycle) dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan siswa SAMPN 6 ponorogo. (3) faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan program adiwiyata berbasis 3R (reduce, reuse, recycle) dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan siswa SMPN 6 ponoprogo.  Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis pendekatan penelitian ini adalah studi kasus. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa  proses penelitian yang peneliti temui di SMPN 6 Ponorogo menghasilkan beberapa hasil yang diantaranya yaitu : (1) perencancanaan peogram adiwiyata berbasis 3R di SMPN 6 Ponorogo yaitu adanya pengelolaan sampah plastik dengan prinsip 3R sebagai sarana edukasi,dan perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah. Adapun kegiatanya berupa membuat kerajinan dari sampah plastik, membuat pupuk kompos dari daun-daunan kering, selain itu peogram adiwiyata yang ada di SMPN 6Ponorogo juga berkambang pada pembudidayaan ikan dan tanaman toga. (2) implementasi dari adanya program adiwiyata berbasis 3R dengan pengembangan karakter peduli lingkungan siwa SMPN 6 ponorogo yaitu akibatnya siswa menjadi lebih bisa memahami tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekolah, khusus pada pengelolaan sampah plstiknya. Dengan cara lebih memasukkan memberikan materi adiwiyata berbasis 3R dalam setiap mata pelajaran khususnya pada pelajaran P5.; (3) faktor pendorong dan penghambat dari perogram adiwiyata berbasis 3r di SMPN 6 Ponorogo yaitu pada kurangnya kesadaran siswanya terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekolah.

Published
2025-01-30
How to Cite
Rosita Mufidatun Nikmah, and Nastiti Mufidah. 2025. “PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA BERBASIS 3R (REDUE, REUSE, RECYCLE) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMPN 6 PONOROGO”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 5 (1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v5i1.4389.
Section
Articles