EFEKTIVITAS MEDIA PRESENTASI LECTORA INSPIRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 6 PONOROGO

  • Regita Cahyani IAIN Ponorogo
  • Siti Zazak Soraya IAIN Ponorogo
Keywords: berpikir tingkat tinggi, lectora inspire, media pembelajaran

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang mempengaruhi kualitas
dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, guru harus bisa memahami tentang teknik memilih,
menggunakan, dan mengembangkan media pembelajaran agar guru dapat mempersiapkan serta
melaksanakan pembelajaran dengan baik dan menyenangkan. Pemilihan media pembelajaran yang
tepat dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga proses pembelajaran yang
dilakukan berjalan dengan optimal. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan untuk
pembelajaran di kelas adalah media pembelajaran lectora inspire. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui bagaimana keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meggunakan media presentasi lectora
inspire; (2) mengetahui bagaimana keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang tanpa mendapatkan
media lectora inspire; (3) untuk membuktikan efektivitas media presentasi lectora inspire terhadap
keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPS kelas VII SMPN 6 Ponorogo. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media presentasi
lectora inspire pada pembelajaran IPS di kelas VII SMPN 6 Ponorogo dapat diperoleh hasil perhitungan
dengan kategori baik dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
Selain itu terdapat perbedaan antara keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen yang
menggunakan media presentasi lectora inspire dan kelas kontrol yang tanpa menggunakan media
presentasi lectora inspire. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir tingkat
tinggi pada peserta didik kelas VII yang menggunakan media presentasi lectora inspire lebih baik
daripada keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik yang tanpa menggunakan media
presentasi lectora inspire. Nilai rata -rata yang diperoleh kelas eksperimen dengan menggunakan media
pembelajaran lectora inspire adalah 79,66.

Published
2025-01-30
How to Cite
Cahyani, Regita, and Siti Zazak Soraya. 2025. “EFEKTIVITAS MEDIA PRESENTASI LECTORA INSPIRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 6 PONOROGO ”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 5 (1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v5i1.4388.
Section
Articles