PENGARUH MEDIA VISUAL PREZI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI MTsN 1 PONOROGO

  • Eli Tasya Wulandari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Arif Rahman Hakim Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Media Visual, Minat Belajar, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapanya permasalahan mengenai menurunya minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penerapan media visual prezi berpengaruh terhadap minat beljar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimental). Sedangkan teknik sampling yang digunakan peneliti adalah cluser random sampling (Area Sampling). Sampel pada penelitian ini terdiri dari  du akelas yaitu  kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalan angket. Hasil penelitiaan menunjukan bahwa, 1) Terdapat perbedaan minat belajar antara menggunakan media visual dengan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPS kelas VII MTsN 1 Ponorogo dapat diktakan sedang. Diperoleh berdasarkan hasil angket yang diberikan  pada kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa yang memiliki nilai rata-rata 36,12 sedngkan pada kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa yang memiliki nilai rata-rata 27,25. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada media visual terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VII MTsN 1 Ponorogo. Hal ini diperoleh dari hasil uji independent sample T-test dengan hasil nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Published
2025-01-30
How to Cite
Eli Tasya Wulandari, and Arif Rahman Hakim. 2025. “PENGARUH MEDIA VISUAL PREZI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI MTsN 1 PONOROGO”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 5 (1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v5i1.4352.
Section
Articles