PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR BERBASIS KELOMPOK PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI MTSN 3 JEMBER

  • Delilatur Rohmah Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Shiddiq Jember
  • Muhammad Eka Rahman Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Keywords: Metode Teams Games Tournament (TGT), Kinerja kelompok, Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS.

Abstract

Teams Games Tournament adalah salah satu metode pembelajaran yang menggunakan permainan dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai metode pembelajaran baru saat kegiatan pembelajaran berlangsung agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, Penelitian ini menggunakan pendekatan kooperatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, tes, angket dan dokumentasi, Penelitian ini bertujuan dalam mengoptimalkan hasil belajar berbasis kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) di kelas VIII di  MTsN 3 Jember. Metode Teams Games Tournament (TGT) dipilih karena dipercaya dapat memperbaiki interaksi dan kerjasama antar siswa dalam proses pembelajaran Teams Games Tournament merupakan salah satu metode pembelajaran dengan menggunakan permainan dalam kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: (1). Bagaimana penerapan metode Teams Games Tournament  (TGT) dapat meningkatkan kinerja kelompok pada pembelajaran IPS di kelas VIII MTsN 3 Jember? dan (2). Bagaimana metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan pemahaman materi IPS di kelas VIII di MTsN 3 Jember.Tujuan penelitian ini adalah: (1). Mendeskripsikan efektivitas metode TGT dalam meningkatkan kinerja kelompok pada pembelajaran IPS di kelas VIII MTsN 3 Jember. (2). Mendeskripsikan bagaimana metode TGT dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPS di kelas VIII MTsN 3 Jember.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kooperatif. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian melibatkan 28 siswa kelas VIII D.Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  kelas mengalami peningkatan minat belajar siswa,  hasil angket pada siklus I menunjukkan minat belajar sebesar 21,52%, dan  meningkat menjadi 22,92% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa di kelas VIIl D. yang menunjukkan bahwa metode Teams Games Tournament (TGT ) efektif dalam meningkatkan hasil belajar berbasis kelompok di kelas VIII di MTsN 3 Jember.Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pendidik dalam memilih strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa

Author Biography

Delilatur Rohmah, Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Shiddiq Jember

Teams Games Tournament adalah salah satu metode pembelajaran yang menggunakan permainan

dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai metode pembelajaran baru saat kegiatan

pembelajaran berlangsung agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,

Penelitian ini menggunakan pendekatan kooperatif, dengan metode pengumpulan data melalui

observasi, tes, angket dan dokumentasi, Penelitian ini bertujuan dalam mengoptimalkan hasil belajar

berbasis kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan metode Team

Games Tournament (TGT) di kelas VIII di MTsN 3 Jember. Metode Teams Games Tournament (TGT)

dipilih karena dipercaya dapat memperbaiki interaksi dan kerjasama antar siswa dalam proses

pembelajaran Teams Games Tournament merupakan salah satu metode pembelajaran dengan

menggunakan permainan dalam kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: (1). Bagaimana

penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kinerja kelompok pada

pembelajaran IPS di kelas VIII MTsN 3 Jember? dan (2). Bagaimana metode Teams Games

Tournament (TGT) dapat meningkatkan pemahaman materi IPS di kelas VIII di MTsN 3

Jember.Tujuan penelitian ini adalah: (1). Mendeskripsikan efektivitas metode TGT dalam

meningkatkan kinerja kelompok pada pembelajaran IPS di kelas VIII MTsN 3 Jember. (2).

Mendeskripsikan bagaimana metode TGT dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPS

di kelas VIII MTsN 3 Jember.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang

dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kooperatif. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan,

yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian melibatkan

28 siswa kelas VIII D.Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kelas mengalami peningkatan minat

belajar siswa, hasil angket pada siklus I menunjukkan minat belajar sebesar 21,52%, dan meningkat

menjadi 22,92% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan signifikan

dalam hasil belajar siswa di kelas VIIl D. yang menunjukkan bahwa metode Teams Games Tournament

(TGT ) efektif dalam meningkatkan hasil belajar berbasis kelompok di kelas VIII di MTsN 3

Jember.Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pendidik dalam memilih strategi pembelajaran

yang dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Metode Teams Games Tournament (TGT), Kinerja kelompok, Hasil Belajar Siswa Pada

Pembelajaran IPS.

Published
2025-03-12
How to Cite
Delilatur Rohmah, and Muhammad Eka Rahman. 2025. “PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR BERBASIS KELOMPOK PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI MTSN 3 JEMBER”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 5 (1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v5i1.4132.
Section
Articles