Falahiya: Journal of Islamic Banking and Finance https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya <p style="text-align: justify;"><strong>Falahiya: Research Journal of Islamic Banking and Finance</strong> merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Perbankan Syariah <strong>Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo</strong>. Ruang lingkup kajian karya ilmiah mahasiswa atau kolaborasi mahasiswa dan dosen dalam bidang keuangan dan perbankan syariah. Terbit dua kali setahun di <strong>bulan Juni dan Desember</strong>.</p> <p style="text-align: justify;">Proses publikasi dilakukan melalui Peer-review Process sesuai standar publikasi ilmiah. Naskah yang masuk diseleksi oleh dewan redaksi dan dievaluasi mitra bestari.</p> <p style="text-align: justify;">P-ISSN 2964-9811</p> <p style="text-align: justify;">E-ISSN 2964-8424</p> <p><strong>Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo</strong><br>Kampus II Jenangan Ponorogo Jawa Timur Indonesia 63492</p> <p>Telp. (0352) 3576565 Fax. (0352) 3591451 E-mail: [email protected]</p> en-US [email protected] (Ajeng Pipit Fitriani) [email protected] (Yutisa Tri Cahyani) Thu, 28 Dec 2023 06:06:56 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Efektivitas Grebeg Pasar dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan Mutabarok di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Perseroda) Magetan https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2095 <p><strong>Abstract</strong>: BPRS Magetan has an excellent product, namely mutabarok financing. It can be seen that the targets of mutabarok financing are MSME actors, and many of these traders are found in markets. At first, there were only a few customers for mutabarok financing even though the market location is very close to BPRS Magetan. So promotional activities are carried out with a market grebeg system using several promotional tools. The purpose of this research is to find out and analyze the market grebeg system implemented by BPRS Magetan and the effectiveness of market grebeg in increasing the number of mutabarok financing customers. The type of research used in this research is field research. This study uses a qualitative descriptive approach with data in the form of words or sentences, pictures not numbers. Data collection techniques in this study through interviews, observation and documentation. Sources of data in this study are primary data and secondary data. The results of this study indicate that the market grebeg system implemented by BPRS Magetan uses promotional strategies, namely advertising, personal selling and direct marketing. They do not apply all promotional tools in carrying out promotional activities for the Grebeg Pasar BPRS. So that the promotion is not optimal. However, if measured using effectiveness measurement criteria, namely the goals achieved, careful planning, program development, and facilities and infrastructure, the market grebeg carried out by BPRS Magetan has effectively increased the number of mutabarok financing customers.</p> <p><strong>Abstrak: </strong>BPRS Magetan memiliki produk keunggulan yaitu pembiayaaan mutabarok. Dapat diketahui bahwa sasaran pembiayaan mutabarok yaitu para pelaku UMKM yang mana pedagang ini banyak di temui di pasar-pasar. Nasabah pembiayaan mutabarok ini awalnya hanya sedikit. Padahal lokasi pasar sangat dekat dengan BPRS Magetan. Sehingga dilakukan kegiatan promosi dengan sistem grebeg pasar dengan menggunakan beberapa sarana promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sistem grebeg pasar yang dilakukan oleh BPRS Magetan dan efektivitas grebeg pasar dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan mutabarok. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian lapangan (<em>field research</em>). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data berupa kata atau kalimat, gambar bukan angka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem grebeg pasar yang diterapkan oleh BPRS Magetan menggunakan strategi promosi yaitu periklanan, penjualan pribadi dan pemasaran langsung. Dalam melakukan kegiatan promosi grebeg pasar BPRS tidak menerapkan semua alat promosi. Sehingga promosi yang dilakukan kurang maksimal. Namun jika diukur menggunakan kriteria pengukuran efektivitas yaitu tujuan yang dicapai, perencanaan yang matang, penyusunan program serta sarana dan prasara, grebeg pasar yang dilakukan BPRS Magetan sudah efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan mutabarok.</p> Yunita Ayu Damayanti, Yutisa Tri Cahyani Copyright (c) 2023 Yunita Ayu Damayanti, Yutisa Tri Cahyani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2095 Thu, 28 Dec 2023 06:06:24 +0000 Pengaruh Literasi Keuangan, Religiusitas, Dan Pengetahuan Tentang Ekonomi Syariah Alumni Pesantren Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Alumni Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar) https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2490 <p>Abstract: Researchers want to know whether financial literacy, religiosity, and knowledge of the Islamic economics of pesantren alumni influence the interest in becoming customers. This study also aims to determine the effect of financial literacy, religiosity, and knowledge of the Islamic economics of pesantren alumni on the intention to become customers either partially or simultaneously. This type of research is a quantitative approach. The sampling technique uses the Slovin formula of 100 respondents. The data collection method was carried out using a questionnaire. The results showed that financial literacy did not affect the intention to become a customer at an Islamic bank; religiosity and knowledge of the Islamic economy partially affected the intention to become a customer. The research results simultaneously showed that financial literacy, religiosity, and knowledge of Islamic economics affect the interest of pesantren alumni to become customers in Islamic banks.</p> <p>Abstrak: Peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh literasi keuangan, religiusitas, dan pengetahuan tentang ekonomi syariah alumni pesantren terhadap minat menjadi nasabah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, religiusitas, dan pengetahuan tentang ekonomi syariah alumni pesantren terhadap minat menjadi nasabah baik secara parsial maupun stimultan. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan literasi keuangan secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah, religiusitas dan pengetahuan tentang ekonomi syariah secara parsial berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah. Adapun hasil penelitian secara stimultan literasi keuangan, religiusitas dan pengetahuan tentang ekonomi syariah secara simultan berpengaruh terhadap minat alumni pesantren menjadi nasabah di bank syariah.</p> Erni Suprianti, Ajeng Wahyuni Copyright (c) 2023 Erni Suprianti, Ajeng Wahyuni https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2490 Thu, 28 Dec 2023 08:44:23 +0000 Strategi Penanganan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bermasalah di Bank Syariah Indonesia KC Kartoharjo Madiun https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2453 <p><strong>Abstract</strong><strong>: </strong>When a borrower fails to repay a bank loan on time, it creates a financing problem. Islamic banking faces similar issues, where borrowers may struggle to repay their loans on schedule. One example is <em>KUR</em> (micro-credit program) financing at the Bank Syariah Indonesia (BSI) Kartoharjo Madiun Branch Office, where some borrowers have fallen behind on their <em>KUR </em>loans due to unstable economic conditions. This research analyzes the handling strategies and causes of problematic KUR financing at the BSI Kartoharjo Madiun Branch Office to address this issue. The study uses a qualitative approach, conducting field research and interviewing borrowers and BSI Kartoharjo Madiun Branch Office representatives. The analytical method used is the triangulation method. The study reveals that the best way to avoid problematic <em>KUR</em> financing at the BSI Kartoharjo Madiun Branch Office is to provide billing letters, visit borrowers at their residences, offer withdrawal letters, and allow for restructuring or rescheduling. The primary causes of problematic <em>KUR</em> financing are unexpected events like natural disasters or illness and business decline or loss.</p> <p><strong>Abstrak: </strong>Ketika peminjam gagal membayar kembali pinjaman bank tepat waktu, hal ini menimbulkan masalah pembiayaan. Perbankan syariah juga menghadapi masalah serupa, dimana peminjam mungkin kesulitan membayar kembali pinjamannya tepat waktu. Salah satu contohnya adalah pembiayaan KUR di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Kartoharjo Madiun, dimana beberapa peminjam mengalami tunggakan pinjaman KUR karena kondisi perekonomian yang tidak stabil. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penanganan dan penyebab pembiayaan KUR bermasalah di Kantor Cabang BSI Kartoharjo Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu melakukan penelitian lapangan dan mewawancarai peminjam dan perwakilan BSI Kantor Cabang Kartoharjo Madiun. Metode analisis yang digunakan adalah metode triangulasi. Penelitian mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk menghindari pembiayaan KUR bermasalah di Kantor Cabang BSI Kartoharjo Madiun adalah dengan memberikan surat penagihan, mengunjungi peminjam di tempat tinggalnya, menawarkan surat penarikan, dan memungkinkan dilakukannya restrukturisasi atau penjadwalan ulang. Penyebab utama pembiayaan KUR bermasalah adalah kejadian yang tidak terduga seperti bencana alam atau penyakit, serta penurunan atau kerugian usaha.</p> Asda Yulian Pravitasari, Fibrianis Puspita Anhar Copyright (c) 2023 Asda Yulian Pravitasari, Fibrianis Puspita Anhar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2453 Fri, 29 Dec 2023 03:26:42 +0000 Strategi Promosi Fitur Layanan Smart Account Opening untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/1824 <p><strong>Abstract: </strong>SAO is a feature of online account opening services carried out independently through Muamalat DIN with the process of selecting savings products, filling in the completeness of account opening, and verifying personal data online.&nbsp; However, opening a new account through the SAO service feature has not been maximised. Due to the lack of public knowledge and understanding, the Bank needs to take action to carry out promotional strategies. Therefore, the target of promotional strategies needs to be extended to the public. The primary purpose of this study is to analyse the promotion strategy of SAO service features to increase the number of customers carried out by Bank Muamalat KCP Madiun and the factors that influence and impact the promotion. This research uses qualitative methods using a field research approach. The research location is on Jl. Kolonel Marhadi No. 28, Nambangan Lor, Manguharjo District, Madiun City, East Java. Data collection techniques used by researchers are interviews, observation, and documentation. Based on the study results, there are 4 ways of promotional strategies carried out by Bank Muamalat KCP Madiun: advertising, sales promotion, publicity, and personal selling. Bank advertising spreads brochures online and offline. Sales promotion conducts prize programs. Publicity does direct socialisation. Personal selling (personal selling) promotion of SAO service features door-to-door.</p> <p><strong>&nbsp;</strong><strong>Abstrak: </strong>SAO merupakan fitur layanan pembukaan rekening <em>online</em> yang dilakukan secara mandiri melalui Muamalat DIN dengan proses pemilihan produk tabungan, pengisian kelengkapan pembukaan rekening, verifikasi data diri secara <em>online</em>. Namun pembukaan rekening baru melalui fitur layanan SAO belum maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat, pihak Bank perlu mengambil tindakan untuk melalukan strategi promosi, oleh karena itu sasaran strategi promosi perlu diperluas ke masyarakat. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi promosi fitur layanan SAO untuk meningkatkan jumlah nasabah yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Madiun serta faktor yang mempengaruhi dan dampak dari promosi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (<em>field research</em>). Lokasi penelitian adalah di Jl. Kolonel Marhadi No. 28, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk strategi promosi yang dilakukan Bank Muamalat KCP Madiun ada 4 cara yaitu, Iklan <em>(advertising</em>), promosi penjualan <em>(sales promotion</em>), publisitas <em>(publicity</em>), dan penjualan personal <em>(personal selling).</em> Iklan <em>(advertising</em>) Bank menyebar brosur <em>online</em> dan <em>offline. </em>Promosi penjualan <em>(sales promotion</em>) melakukan program-program berhadiah. Publisitas <em>(publicity</em>) melakukan sosialisasi langsung. Penjualan personal <em>(personal selling)</em> promosi fitur layanan SAO melakukan <em>door to door. </em></p> Santi Puspitasari, Kenlies Era Rosalina Marsudi Copyright (c) 2023 Santi Puspitasari, Kenlies Era Rosalina Marsudi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/1824 Fri, 29 Dec 2023 04:42:13 +0000 Pengaruh Manfaat, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan Mobile Banking Muamalat Din pada PT bank Muamalat KCU Kediri https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2464 <p><strong>Abstract</strong>: This study aims to determine and analyze partially and simultaneously the effect of benefits, trust, and convenience on customer interest in using the Muamalat DIN (Digital Islamic Network) mobile banking at PT Bank Muamalat Kediri Main Branch Office. This type of research is a quantitative approach (non-probability sampling). The population in this study were all customers of the Muamalat KCU Kediri Bank, then determined the sample using the Slovin formula, with data collection techniques using a questionnaire and a total of 100 respondents. The data analysis techniques used were validity and reliability tests, classic assumption tests, and hypothesis testing consisting of multiple linear regression tests, t-tests, F tests, and tests of the coefficient of determination (R square). The research results show that: 1). Partially, the benefits have a positive and significant effect on customer interest in using Muamalat DIN mobile banking at PT Bank Muamalat KCU Kediri. 2). Partially, trust has a positive and significant effect on customer interest in using Muamalat DIN mobile banking at PT Bank Muamalat KCU Kediri. 3). Partially, convenience has a positive and significant effect on customer interest in using Muamalat DIN mobile banking at PT Bank Muamalat KCU Kediri. 4). Simultaneously, benefits, trust, and ease of use affect customer interest in Muamalat DIN mobile banking at PT Bank Muamalat KCU Kediri.</p> <p><strong>Abstrak</strong>: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh dari manfaat, kepercayaan, dan kemudahan terhadap minat nasabah menggunakan <em>mobile banking</em> Muamalat DIN (<em>Digital Islamic Network</em>) Pada PT Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif (<em>nonprobability</em> <em>sampling)</em>. Populasi dalam penenelitian ini adalah seluruh nasabah bank Muamalat KCU kediri kemudian penentuan sampel menggunakan rumus <em>slovin</em>, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jumlah responden sebanyak 100.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji <em>koefisien determinasi</em> (R square). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Secara parsial manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan <em>mobile banking</em> Muamalat DIN Pada PT Bank Muamalat KCU Kediri. 2). Secara parsial kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat nasabah menggunakan <em>mobile banking</em> Muamalat DIN Pada PT Bank Muamalat KCU Kediri. 3). Secara parsial kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan <em>mobile banking</em> Muamalat DIN Pada PT Bank Muamalat KCU Kediri. 4). Secara simultan manfaat, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan <em>mobile banking</em> Muamalat DIN Pada PT Bank Muamalat KCU Kediri.</p> Ahmad Dhawami, Fitra Rizal Copyright (c) 2023 Ahmad Dhawami, Fitra Rizal https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2464 Fri, 29 Dec 2023 04:51:48 +0000 Preferensi Pengusaha Muslim Desa Bangunsari Dalam Pembiayaan Modal Kerja Melalui Pendekatan Integratif Antara Prinsip-Prinsip Syariah dan Teori Pilihan Rasional https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2904 <p><strong>Abstract</strong><strong>:</strong> Compared to the surrounding villages, Bangunsari has fairly complete facilities ranging from agencies and offices, schools and education, recreational and sports facilities, culinary delights, etc. Preference is a person's tendency to choose or prioritize something. A consumer is every person who buys, uses or consumes various types of goods and services to fulfil the most basic needs and actualize himself. This research aims to analyze the preferences of Muslim entrepreneurs in Bangunsari Village in financing working capital, the factors behind the preferences of Muslim entrepreneurs in Bangunsari Village, and the integration between sharia principles and rational choice theory. Researchers use a qualitative approach with field research for data collection techniques used by researchers, namely observation, interviews and documentation. The research location is Bangunsari Village, Dolopo District, Madiun Regency, East Java. From the research that has been carried out, the author can conclude that Muslim entrepreneurs in Bangunsari Village determine their preferences based on price or interest in financing, quality of service such as financing and disbursement processes, and tangibles or facilities and affordable access. The integration of Sharia principles and rational choice theory in forming Muslim entrepreneurs' preferences in capital financing means that although Muslim entrepreneurs in the Bangunsari village prefer to carry out financing in conventional banks and ignore usury, they do not simply ignore other Sharia principles such as gharar which means obscurity or deception, and maysir means game or gambling. It is hoped that Sharia Banks in the Madiun area can further improve their performance, both in terms of quality and quantity, so that they can be more competitive and competitive in terms of Brand Image, profit sharing percentage, and easy and fast financing processes and requirements.</p> <p><strong>Abstrak: </strong>Dibandingkan dengan desa desa di sekitarnya, bangunsari merupakan desa dengan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari instansi maupun perkantoran, sekolah maupun pendidikan, wahana rekreasi maupun olahraga, kuliner, dan lain sebagainya. Preferensi merupakan kecenderungan seseorang untuk memilih atau mengutamakan sesuatu hal. Konsumen adalah setiap orang yang melakukan tindakan membeli, menggunakan atau mengonsumsi berbagai jenis barang dan jasa baik untuk memenuhi kebutuhan yang paling dasar sampai dengan kebutuhan untuk mengaktualisasikan dirinya. Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk menganalisis preferensi pengusaha muslim Desa Bangunsari dalam melakukan pembiayaan modal kerja, faktor-faktor yang melatarbelakangi preferensi pengusaha muslim desa bangunsari, serta integrasi antara prinsip syariah dan teori pilihan rasional. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian <em>field research</em> (penelitian lapangan). Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu obaservasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Desa Bangunsari, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa pengusaha muslim Desa Bangunsari dalam menentukan preferensinya berdasarkan harga atau bunga dalam pembiayaan, kualitas pelayanan seperti proses pembiayaan dan pencairan, dan juga <em>tangibles</em> atau fasilitas dan juga akses yang terjangkau. Integrasi prinsip-prinsip syariah dan teori pilihan rasional dalam membentuk preferensi pengusaha muslim dalam pembiayaan modal yakni walaupun para pengusaha muslim desa bangunsari lebih memilih untuk melakukan pembiayaan di bank konvensional dan mengabaikan <em>riba</em>, namun mereka tidak begitu saja mengabaikan prinsip-prinsip syariah lainnya seperti <em>gharar</em> yang berarti ketidakjelasan atau menipu, dan <em>maysir</em> yaitu permainan atau judi. Bank Syariah di wilayah madiun diharapkan dapat lebih meningkatkan performanya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas agar dapat lebih bersaing dan kompetitif dari segi <em>Brand Image</em>, persentase bagi hasil, dan proses serta persyaratan pembiayaan yang mudah dan cepat.</p> Bimantara Eka Putra, Husna Ni'matul Ulya Copyright (c) 2023 Husna Ni'matul Ulya, Bimantara Eka Putra https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/2904 Fri, 29 Dec 2023 05:06:13 +0000