PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP DAYA SAING DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG NGANJUK YOS SUDARSO

  • Ribut Muji Wahono Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ely Masykuroh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: daya saing, inovasi produk, kualitas pelayanan, brand image

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the effect of product innovation and service quality on competitiveness with brand image as an intervening variable at Bank Syariah Indonesia Nganjuk Yos Sudarso Branch Office. This study uses a quantitative approach which uses primary data as a reference. The sample used is 100 respondents by making customers as respondents. The data collection technique used is using a questionnaire with the distribution carried out directly to customers. The sampling technique used was non-probability sampling by using incidental sampling technique. Data analysis in this study used descriptive analysis, validity and reliability tests, classical assumption test, multiple regression analysis, hypothesis testing, and path analysis. The results of the study show that the product innovation variable has a positive and significant effect on competitiveness, the service quality variable has an insignificant effect on competitiveness, the product innovation variable has a positive and significant effect on brand image, the service quality variable has a positive and significant effect on brand image, brand image has a positive and significant effect on competitiveness, brand image variables are not able to mediate the effect of product innovation variables on competitiveness, brand image variables are able to mediate the influence of service quality variables on competitiveness.

Keywords: Competitiveness, Product Innovation, Service Quality, Brand Image

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan kualitas pelayanan terhadap daya saing dengan brand image sebagai variabel intervening pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Nganjuk Yos Sudarso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mana menjadikan data primer sebagai rujukan. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menjadikan nasabah sebagai responden. Teknik pegumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan kuisoner dengan penyebaran yang dilakukan langsung terhadap nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabilty sampling dengan menggunakan teknik insidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing, variabel kualitas pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap daya saing sebesar, variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing, variabel brand image tidak mampu memediasi pengaruh variabel inovasi produk terhadap daya saing, variabel brand image mampu memediasi pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap daya saing.

Kata Kunci: Daya Saing, Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Brand Image

Published
2022-12-31
Section
Articles