Pengaruh Pengetahuan tentang Ekonomi Syariah dan Pengalaman Keuangan terhadap Perilaku Konsumsi (Studi pada Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo Angkatan Tahun 2018-2021)

  • Sumartun Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Dwi Setya Nugrahini Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Knowledge of Islamic Economics; Experience; Consumption Behavior

Abstract

Students are a component of society whose numbers are quite large and have a major influence on the economy. Students of the Faculty of Islamic Economics and Business with different backgrounds of knowledge, financial experience, and consumption behavior, of course, in consuming an item are also different. But in reality, the economic knowledge and financial experience that students have is quite good, but consumption behavior is still irrational because there is a sense of prestige if you don't keep up with today's developments. This study aims to determine and analyze the influence of Islamic economic knowledge and financial experience on the consumption behavior of FEBI IAIN Ponorogo students. This study uses quantitative methods using multiple linear regression analysis. The data processing method uses the IBM SPSS 25 program. The sample technique used is proportionate stratified random sampling. The population in this study was 2,577 students of FEBI IAIN Ponorogo and the sample used was 96 respondents. The results of the study show that: (1) Knowledge of Islamic economics has a significant effect on consumption behavior. (2) Financial experience has a significant effect on consumption behavior. (3) Islamic economic knowledge and financial experience both influence consumption behavior. While the influence given by the variable Islamic economic knowledge and financial experience is 23.1% on student consumption behavior, while the remaining 76.9% is influenced by other factors that are not in the model.

Mahasiswa merupakan komponen masyarakat yang jumlahnya cukup besar dan memberikan pengaruh besar terhadap perekonomian. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan latar belakang pengetahuan, pengalaman keuangan dan perilaku konsumsi yang berbeda-beda tentu dalam pengonsumsian suatu barang juga berbeda. Namun pada kenyataannya pengetahuan ekonomi dan pengalaman keuangan yang dimiliki mahasiswa sudah cukup bagus akan tetapi dalam perilaku konsumsi masih irasional dikarenakan ada rasa gengsi jika tidak mengikuti perkembangan zaman sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adakah pengaruh pengetahuan ekonomi syariah dan pengalaman keuangan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Metode pengolahan data menggunakan program IBM SPSS 25. Teknik sampel yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini 2.577 mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo serta sampel yang digunakan 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan ekonomi syariah berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi. (2) Pengalaman keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi. (3) Pengetahuan ekonomi syariah dan pengalaman keuangan secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumsi. Sedangkan pengaruh yang diberikan variabel pengetahuan ekonomi syariah dan pengalaman keuangan sebesar 23,1% terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, sedangkan sisanya 76,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam model.

Published
2022-06-23
Section
Articles