Pengaruh Literasi Keuangan, Religiusitas, Dan Pengetahuan Tentang Ekonomi Syariah Alumni Pesantren Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Alumni Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar)

  • Erni Suprianti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Ajeng Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Literasi Keuangan, Religiusitas, Pengetahuan, Minat

Abstract

Abstract: Researchers want to know whether financial literacy, religiosity, and knowledge of the Islamic economics of pesantren alumni influence the interest in becoming customers. This study also aims to determine the effect of financial literacy, religiosity, and knowledge of the Islamic economics of pesantren alumni on the intention to become customers either partially or simultaneously. This type of research is a quantitative approach. The sampling technique uses the Slovin formula of 100 respondents. The data collection method was carried out using a questionnaire. The results showed that financial literacy did not affect the intention to become a customer at an Islamic bank; religiosity and knowledge of the Islamic economy partially affected the intention to become a customer. The research results simultaneously showed that financial literacy, religiosity, and knowledge of Islamic economics affect the interest of pesantren alumni to become customers in Islamic banks.

Abstrak: Peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh literasi keuangan, religiusitas, dan pengetahuan tentang ekonomi syariah alumni pesantren terhadap minat menjadi nasabah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, religiusitas, dan pengetahuan tentang ekonomi syariah alumni pesantren terhadap minat menjadi nasabah baik secara parsial maupun stimultan. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan literasi keuangan secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah, religiusitas dan pengetahuan tentang ekonomi syariah secara parsial berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah. Adapun hasil penelitian secara stimultan literasi keuangan, religiusitas dan pengetahuan tentang ekonomi syariah secara simultan berpengaruh terhadap minat alumni pesantren menjadi nasabah di bank syariah.

Published
2023-12-28
Section
Articles