Pengaruh Manfaat, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan Mobile Banking Muamalat Din pada PT bank Muamalat KCU Kediri

  • Ahmad Dhawami Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Fitra Rizal Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Minat, Manfaat, Kepercayaan, Kemudahan, M-banking, Bank Syariah

Abstract

Abstract: This study aims to determine and analyze partially and simultaneously the effect of benefits, trust, and convenience on customer interest in using the Muamalat DIN (Digital Islamic Network) mobile banking at PT Bank Muamalat Kediri Main Branch Office. This type of research is a quantitative approach (non-probability sampling). The population in this study were all customers of the Muamalat KCU Kediri Bank, then determined the sample using the Slovin formula, with data collection techniques using a questionnaire and a total of 100 respondents. The data analysis techniques used were validity and reliability tests, classic assumption tests, and hypothesis testing consisting of multiple linear regression tests, t-tests, F tests, and tests of the coefficient of determination (R square). The research results show that: 1). Partially, the benefits have a positive and significant effect on customer interest in using Muamalat DIN mobile banking at PT Bank Muamalat KCU Kediri. 2). Partially, trust has a positive and significant effect on customer interest in using Muamalat DIN mobile banking at PT Bank Muamalat KCU Kediri. 3). Partially, convenience has a positive and significant effect on customer interest in using Muamalat DIN mobile banking at PT Bank Muamalat KCU Kediri. 4). Simultaneously, benefits, trust, and ease of use affect customer interest in Muamalat DIN mobile banking at PT Bank Muamalat KCU Kediri.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh dari manfaat, kepercayaan, dan kemudahan terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking Muamalat DIN (Digital Islamic Network) Pada PT Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif (nonprobability sampling). Populasi dalam penenelitian ini adalah seluruh nasabah bank Muamalat KCU kediri kemudian penentuan sampel menggunakan rumus slovin, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jumlah responden sebanyak 100.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R square). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Secara parsial manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking Muamalat DIN Pada PT Bank Muamalat KCU Kediri. 2). Secara parsial kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat nasabah menggunakan mobile banking Muamalat DIN Pada PT Bank Muamalat KCU Kediri. 3). Secara parsial kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking Muamalat DIN Pada PT Bank Muamalat KCU Kediri. 4). Secara simultan manfaat, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking Muamalat DIN Pada PT Bank Muamalat KCU Kediri.

Published
2023-12-29
Section
Articles