Pengaruh Literasi Digital, Fitur Layanan dan Brand Image Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Muamalat DIN Di Ponorogo

  • Mita Yuli Rahayu IAIN PONOROGO
  • Ajeng Pipit Fitriani Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Minat, Fitur Layanan, Literasi Digital, Brand Image, Mobile Banking, Minat Nasabah

Abstract

Abstract: Interest is a person's desire to perform certain behaviors if they strongly desire to do so. Several factors influence interest, including digital literacy, completeness of service features, and brand image. With a good level of digital literacy, it will make customers interested in using mobile banking, with the completeness of the service features provided will also make customers interested in using mobile banking to facilitate transactions as needed, and a good brand image of a product will also provide a high sense of trust. from customers to banks so that it will have a good impact on the bank. This study uses a quantitative research method using a casual associative approach. The population in this study were all Bank Muamalat KCP Ponorogo customers, with a total of 6541 customers—a sampling of this study using the Slovin sampling formula with the results of 100 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that digital literacy, service features, and brand image partially or simultaneously have a significant positive effect on the intention to use Muamalat DIN mobile banking.

Keywords: Interest, Service Features, Digital Literacy, Brand Image, Mobile banking, Customer Interest

 

Abstrak: Minat merupakan suatu keinginan seseorang untuk melakukan perilaku tertentu jika mempunyai keinginan yang kuat untuk melakukannya. minat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu literasi digital, kelengkapan fitur layanan, dan brand image. Dengan tingkat literasi digital yang baik maka akan membuat nasabah berminat untuk menggunakan mobile banking, dengan kelengkapan fitur layanan yang diberikan juga akan membuat nasabah tertarik untuk menggunakan mobile banking untuk mempermudah transaksi sesuai kebutuhan, brand image suatu produk yang baik juga akan memberikan rasa kepercayaan yang tinggi dari nasabah kepada bank sehingga akan membawa dampak yang baik untuk bank. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif kasual. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh nasabah Bank Muamalat KCP Ponorogo dengan jumlah 6541 nasabah. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan rumus slovin sampling dengan hasil sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital, fitur layanan dan brand image secara parsial maupun simultan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking Muamalat DIN.

Keywords: Minat, Fitur Layanan, Literasi Digital, Brand Image, Mobile Banking, Minat Nasabah

Published
2023-06-30
Section
Articles