Strategi Promosi Fitur Layanan Smart Account Opening untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah

  • Santi Puspitasari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Kenlies Era Rosalina Marsudi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Strategi Promosi, Smart Accounting Opening, Nasabah, Bank Syariah

Abstract

Abstract: SAO is a feature of online account opening services carried out independently through Muamalat DIN with the process of selecting savings products, filling in the completeness of account opening, and verifying personal data online.  However, opening a new account through the SAO service feature has not been maximised. Due to the lack of public knowledge and understanding, the Bank needs to take action to carry out promotional strategies. Therefore, the target of promotional strategies needs to be extended to the public. The primary purpose of this study is to analyse the promotion strategy of SAO service features to increase the number of customers carried out by Bank Muamalat KCP Madiun and the factors that influence and impact the promotion. This research uses qualitative methods using a field research approach. The research location is on Jl. Kolonel Marhadi No. 28, Nambangan Lor, Manguharjo District, Madiun City, East Java. Data collection techniques used by researchers are interviews, observation, and documentation. Based on the study results, there are 4 ways of promotional strategies carried out by Bank Muamalat KCP Madiun: advertising, sales promotion, publicity, and personal selling. Bank advertising spreads brochures online and offline. Sales promotion conducts prize programs. Publicity does direct socialisation. Personal selling (personal selling) promotion of SAO service features door-to-door.

 Abstrak: SAO merupakan fitur layanan pembukaan rekening online yang dilakukan secara mandiri melalui Muamalat DIN dengan proses pemilihan produk tabungan, pengisian kelengkapan pembukaan rekening, verifikasi data diri secara online. Namun pembukaan rekening baru melalui fitur layanan SAO belum maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat, pihak Bank perlu mengambil tindakan untuk melalukan strategi promosi, oleh karena itu sasaran strategi promosi perlu diperluas ke masyarakat. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi promosi fitur layanan SAO untuk meningkatkan jumlah nasabah yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Madiun serta faktor yang mempengaruhi dan dampak dari promosi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian adalah di Jl. Kolonel Marhadi No. 28, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk strategi promosi yang dilakukan Bank Muamalat KCP Madiun ada 4 cara yaitu, Iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), publisitas (publicity), dan penjualan personal (personal selling). Iklan (advertising) Bank menyebar brosur online dan offline. Promosi penjualan (sales promotion) melakukan program-program berhadiah. Publisitas (publicity) melakukan sosialisasi langsung. Penjualan personal (personal selling) promosi fitur layanan SAO melakukan door to door.

Published
2023-12-29
Section
Articles