Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah di SMAN 1 Pulung

  • Naning Sri Rahayu Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Evi Muafiah
Keywords: Marketing Mix, Student Decision, SMA Negeri 1 Pulung

Abstract

Penelitian ini, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya dan seberapa besar pengaruh empat variabel dari teori bauran pemasaran yang dikemukakan oleh Philip Kotler, terhadap keputusan siswa memilih untuk melanjutkan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 1 Pulung, secara parsial ataupun secara simultan. Empat variabel yang dimaksud adalah Product/Produk, Price/Harga, Place/Tempat/Lokasi, dan Promotion/Promosi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 1 Pulung, mulai kelas X-XII tahun pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 734 siswa. Karena populasi yang berjumlah banyak, sebagai objek penilitian digunakan teknik random sampling dengan jumlah 15% dari populasi, yaitu sebanyak 110 siswa sebagai responden. Setelah melakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan linieritas data, kemudian baru dilakukan proses uji Hipotesis dengan menggunkan regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 16. Dan didapatklan hasil bahwa secara parsial/terpisah, hanya 3 variabel yang memiliki pengaruh terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMAN 1 Pulung yaitu variabel Product/Produk (31.9%), Place/Tempat (56.1%), dan Promotion (45.6%). Sedangkan variabel Price/Harga tidak ada pengaruhnya. Kemudian secara simultan, variabel bauran pemasaran, memiliki pengaruh terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMAN 1 Pulung sebesar 35.3%.

References

Samat, Luis Marnisah, Omar Hendro, and Tirta Jenahar. “Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di kota Palembang.” JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA 15, no. 4 (June 21, 2018): 221–29. https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i4.5724.

Supriyani, and Heryanto Susilo. “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Siswa dalam Memilih Madrasah Aliyah Negeri Tuban.” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (February 7, 2017): 68. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p68-78.

Barizah Fajriyah Arief, S. Pd I. “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Siswa Dalam Memilih Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kabupaten Pacitan.” Masters, UIN Sunan Kalijaga, 2014. http://digilib.uin-suka.ac.id/13847/.

Buchari Alma. Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.

Ginting, Yanti Mayasari, and Gita Marantica. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Faktor Sosial, Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Sekolah Siswa Pada Siswa Di Sekolah Tinggi Buruh Pekanbaru.” Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen 7, no. 4 (December 28, 2019): 453–69.

Heruniasih. “Pengaruh Implementasi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih SMK Swasta Di Kota Metro.” Universitas Lampung, 2016.

Irawan, Agus, and Ikhwan Faisal. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Program Studi (Studi Pada Jurusan Akuntansi Dan Jurusan Administrasi Bisnis Di Politeknik Negeri Banjarmasin).” JWM (Jurnal Wawasan Manajemen) 2, no. 2 (April 28, 2016): 155–70. https://doi.org/10.20527/jwm.v2i2.

Kurniawati, Dyah. “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Katolik Widya Mandala Madiun,” no. 01 (2013).

Muhyidin, Ujang. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Barat,” n.d., 6.

Philip Kotler. Marketing Management, Millenium Edition. Uniten States Of America: Pearson Custom Publishing, 2002.

Rosmaniar, Asyidatur. “Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan siswa memilih sekolah menengah kejuruan swasta di surabaya.” K I N E R J A, 2019, 12.

Sofjan Assauri. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Tangkilisan, Glendy, Sem G Oroh, dan Agus Supandi Soegoto. “Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Di Smk N 1 Manado,” 2014.

Tim Dosen UPI. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Yulinda, Nina, Fenni Supriadi, and Dedi Hariyanto. “Pengaruh Bauran Pemasara Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Menyekolahkan Anaknya di SMA Islam Bawari.” Jurnal Produktivitas : Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak 6, no. 2 (November 21, 2019). https://doi.org/10.29406/jpr.v6i2.1738.

Yuniarsih, Arlini, Lukmanul Hakim, and Yandri Sudodo. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Siswa Memilih Smk Negeri 1 Sumbawa Besar (Studi Kasus Angkatan 2017/2018).” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia 3, no. 2 (December 15, 2018). https://doi.org/10.37673/jebi.v3i2.35.

David Wijaya. “Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah.” Jakarta: BPK Penabur, Jurnal Pendidikan Penabur, 7 (Desember 2008): 42.

Imam Machali, Ara Hidayat dan. Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah. Cetakan I. Yogyakarta: Kaukaba, 2012.

Noviana. “Jumlah Peserta Didik SMA Negeri 1 Pulung.” SMAN 1 Pulung, 2020.

Philip Kotler. Marketing Management, Millenium Edition. Uniten States Of America: Pearson Custom Publishing, 2002.

Andhita Dessy Wulansary. Statistika Prametrik: Terapan Untuk Penelitian Kuantitatif. Ponorogo: STAINPo Press, 2015.

Imam Gunawan. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Lexy Moleong. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Nanang Martono. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Published
2022-06-14
How to Cite
Rahayu, N. S., & Muafiah, E. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah di SMAN 1 Pulung. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 209-222. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.574