Strategi Manajemen Pengembangan Mutu Ekstrakurikuler di SDN 1 Pijeran, Siman Ponorogo
Abstract
Beberapa lembaga pendidikan memiliki masalah berkaitan dengan faktor kurikulum yang diterapkan. Hal tersebut perlu diperbaiki melalui adanya terobosan-terobosan baru, salah satu diantaranya adalah dengan melakukan reorientasi penyelenggaraan pendidikan seperti kurikulum ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Rencana awal, pengembilan data menggunakan observasi, namun akibat adanya Covid 19 observasi tidak dapat dijalankan, sehingga peneliti hanya mewawancarai dan mendokumentasikan data sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya yaitu (1) Pembuatan visi, misi dan tujuan terbaru. (2) Mengamati daerah lingkungan sekolah. (3) Megamati lingkungan sekolah. (4) Pembuatan Rencana Ekstrakurikuler. Setelah selesai menyusun strategi, langkah selanjutnya yaitu mengimplemenasikan strategi tersebut dalam bentuk progam – progam ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuer pilihan. Selain progam eksrakurikuler, pengimplementasian strategi juga diarahkan melalui progam pentas seni yang diadakan menjelang tahun ajaran baru. Atas kerja kerasnya dalam menyusun berbagai strategi dan mengimplementasikannya melalui kegiatan ekstrakurikuler, pihak sekolah berhasil memperoleh prestasi di berbagai lomba. Adapun hasil berupa perolehan prestasi tersebut, masyarakat sekitar semakin sadar bahwa sekolah dapat mengembangkan mutunya melalui ekstrakurikuler. Selain itu, masyarakat juga semakin sadar akan pentingnya bakat, minat dan pendidikan ekstrakurikuler bagi siswa.
Copyright (c) 2022 Excelencia: Journal of Islamic Education & Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.