Manajemen Konflik dalam Kisah Qabil dan Habil serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam

  • Siti Nurjanah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Manajemen Konflik, Kisah Qabil dan Habil

Abstract

Proses interaksi dan sosialisasi manusia dengan manusia lain dapat menimbulkan
sebuah perbedaan kepentingan maupun perbedaan pandangan yang dapat memicu terjadinya
konflik. Konflik yang terjadi dalam kehidupan manusia banyak jenisnya yakni konflik
intrapersonal, interpersonal, intragrup, intergrup, intraorganisasi, konflik interorganisasi
serta konflik lainnya. Pada Al-Qur’an juga disebutkan bahwa sebelum kehidupan manusia di
muka bumi, konflik sudah ada dan terjadi yakni konflik antara dua putra Adam a.s., Qabil dan
Habil. Konflik terjadi karena persembahan salah satu putra Nabi Adam a.s. tidak diterima
oleh Allah Swt. Berdasarkan dari hal tersebut timbul perasaan iri sekaligus merasa dirugikan
sehingga salah satu dari putra Adam a.s., tidak terima dan tidak dapat menahan nafsu serta
godaan setan sehingga terjadilah konflik yang berujung pada pertumpahan darah. Hal tersebut
merupakan representasi kehidupan manusia pada saat ini, dan jika dikaitkan dengan
manajemen pendidikan Islam maka kajian ini sangatlah erat hubungannya, dimana dalam
memanajemen sebuah lembaga atau organisasi pastilah memerlukan sumber daya manusia
yang dapat memanajemen apapun dalam sebuah lembaga, tak terkecuali memanajemen
konflik karena manusia sebagai tonggak utama dalam melaksanakan sebuah manajemen yang
baik untuk kemajuan lembaganya. Kajian ini menggunakan metode Library Research,
selanjutnya dilakukan analisis bacaan dengan menggunakan Content Analysis. Hasil dari
kajian menunjukkan bahwasannya jenis konflik dalam kisah Qabil dan Habil terbagi menjadi
dua yaitu jenis konflik interpersonal dan konflik destruktif. Relevansi manajemen konflik
terhadap manajemen pendidikan Islam terletak pada ruang lingkup sumber daya manusianya,
dimana manusia sebagai tonggak utama dalam menjalankan roda manajemen dalam sebuah
organisasi, dan haruslah memberikan kepuasan bagi pihak-pihak yang sedang berkonflik.

Published
2022-06-10
How to Cite
Siti Nurjanah. (2022). Manajemen Konflik dalam Kisah Qabil dan Habil serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 59-72. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.517