Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo

  • Elok Kuneta Faradila Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Basuki Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Kurikulum, Pengembangan, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang belum maksimal mengakibatkan merosotnya prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu adanya pengembangan standar isi pada Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, standar proses pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan standar penilaian pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Pada bab X pasal 36 ayat 1 disebutkan bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Keabsahan data diukur dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan.Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengembangan standar isi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo; (2) menjelaskan pengembangan standar proses kurikulum Pendidikan Agama Islam; dan (3) menjelaskan pengembangan standar penilaian kurikulum Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan standar isi di SMP Negeri 1 Jetis meliputi pengembangan kegiatan ekstrakurikuler. Pengembangan standar proses meliputi pengembangan hidden curriculum yaitu role model dari guru. Pengembangan standar penilaian meliputi penggabungan ketiga aspek penilaian yaitu aspek sosial, pengetahuan, dan keterampilan, dimana melibatkan bantuan orang tua.

 

References

Biklen, Robert C. Bogdan, & Sari Knopp . Qualitative Research for Education; An introduction to theory and methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982.
Didiyanto. Paradigma Pengembangan Kurikulum PAI di Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Edureligia Vol. 1, No. 2, Juli – Desember 2017.
Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Hamdan. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI): Teori dan Praktek. Banjarmasin: IAIN Antarsari Press, 2014.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Aset Sugiana yang berjudul Pengembangan Kurikulum PAI dan Implementasinya di MTs Nurul Ummah Yogyakarta pada tahun 2019.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Ahmad Munir Saifulloh yang berjudul Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) (Studi Multikasus di SMA Negeri 2 Lumajang dan SMA Jendral Sudirman Lumajang) pada Tahun 2018.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Pirdaus yang berjudul Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Religious Culture di SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara Aceh pada Tahun 2016.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Mulyasa, Enco. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Taylor, Robert C. Bogdan & S.J. Introduction to Qualitative Research Methods. New York: John Wiley, 1975.
Published
2022-06-06
How to Cite
Elok Kuneta Faradila, & Basuki. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 45-58. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.516