Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun
Abstract
Kualitas kinerja guru akan sangat menentukan pada kualitas hasil pendidikan, namun kenyataanya kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun belum optimal. Tinggi rendahnya kinerja guru di suatu lembaga bisa dipengaruhi banyak faktor dan dari sekian banyaknya faktor diantaranya adalah faktor gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Signifikansi pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun. 2) Signifikansi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun. 3) Signifikansi pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Adapun untuk analisis data pada penelitian ini peneliti menggunakan analisis regresi sederhanadan analisis regresi linier berganda dengan jumlah populasi sebanyak 234 kemudian dengan jumlah sampel 144 yang sesuai dengan teori Krejcie dan Morgan untuk taraf kesalahan 5%. Untuk hasil dari analisis data dapat peneliti kemukakan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun dilihat dari thitung = 3.431 dan ttabel = 1.645, dan berpengaruh sebesar 7.7%. 2) Motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun dilihat dari thitung = 6.862 dan ttabel = 1.645, dan berpengaruh sebesar 24.9%. 3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun melihat dengan Fhitung = 23.701 kemudian dengan Ftabel = 3.060, dan berpengaruh sebesar 25.2%.
Copyright (c) 2022 Excelencia: Journal of Islamic Education & Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.