الكفاءة التربوية والمهنية لمعلمي اللغة العربية

  • Al-Mifdariyati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Moh. Munir Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Kompetensi Pedagogik, kompetensi profesional, Pengajar, Kreativitas, Efektivitas

Abstract

Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional adalah bagian dari kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sebagai unsur dalam pengelolaan pengajaran dan penentu keberhasilan pengajaran pada lembaga pendidikan. Maka sangatlah penting untuk membicarakan tentang bagaimana peran kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru bahasa Arab. Peneliti mengkhususkan penelitiannya pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo. Dan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis aspek-aspek yang terkait dengan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi analisis data milik miles dan huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru secara keseluruhan mempunyai kompetensi guru, dapat dilihat bahwa guru mampu mengelola pembelajaran, memahami peserta didik, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, memanfaatkan teknologi pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar, dan mengembangkan peserta didik. Namun ditemukan ketidakmaksimalan pada guru bahasa arab yang berhubungan dengan rancangan pembelajaran yang mana seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan siswa, keadaan kelas dan prasarana lainnya, penggunaan metode, penyusunan RPP, dan mengembangkan kemampuan siswa. Dan kompetensi profesional guru dapat dilihat bahwa guru mampu menguasai materi, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, dan menghubungkan antara konsep materi dengan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini ditemukan guru yang kompetensi profesionalnya belum maksimal. Dalam penggunaan metode pembelajaran yang mana penggunaan metode ini harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan keadaan.

Published
2022-06-13
How to Cite
Al-Mifdariyati, & Moh. Munir. (2022). الكفاءة التربوية والمهنية لمعلمي اللغة العربية. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 185-197. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.502