تصميم كراسة التدريبات لدرس الإملاء المؤسس على الأخطاء الإملائية
Abstract
Materi Imla merupakan salah satu materi yang sangat penting dalam pembelajaran Bahasa arab di Pondok Pesantren. Namun demikian, masih ditemui permasalahan di Pondok pesantren, seperti rendahnya nilai materi Imla pada kelas 1 KMI selama tiga tahun terakhir, dimana pada Tahun 2018 pada rata-rata 7,4 dan pada tahun 2019 rata-rata 6,5 dan pada tahun 2020 rata-rata 5,04 dari data tersebut tersebut nampak jelas terjadinya penurunan pada setiap tahunnya. Terdapat banyak kesalahan dalam penulisan imla yang tidak sesuai dengan Qaidah. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah karakteristik desain Lembar Kerja Siswa (LKS) materi Imla’ yang berasas pada Analisis Kesalahan Penulisan Imla siswa kelas 1 Kulliyatul Mu’allimat Al Islamiyah (KMI) Pondok Pesantren Al Iman Putri Babadan Ponorogo?” dan “Seberapa keefektifitasan desain Lembar Kerja Siswa (LKS) materi Imla yang berasas pda Analisis Kesalahan Penulisan tersebut?”. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg&Gall. Dengan Populasi penelitian seluruh siswi kelas 1 KMI yang berjumlah 158, dengan jumlah sampel 20% dari jumlah populasi sebanyak 31 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Tes, Wawancara, Angket, Observasi, dan Dokumentasi. Dan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus tes-T. Hasil temuan dari penelitian tersebut adalah Setelah diuji cobakan selama dua kali, buku LKS tersebut dapat efektif dalam peningkatan tulisan Bahasa Arab pada siswi yang mana dibuktikan dengan kenaikan nilai yang cukup signifikan dari perbandingan selisih nilai pretest dan posttest setelah materi ajar ini diterapkan yaitu menghasilkan skor 7,740 dan lebih besar dari nilai tabel T sebesar 2,704. Disamping itu, penelitian ini juga disukai oleh siswi karena dapat mempermudah mereka dalam penerapan Qaidah Imla yang benar.
Copyright (c) 2022 Excelencia: Journal of Islamic Education & Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.