تعليم الإملاء بين المعهد العصرى والسلفى في فونوروغو

  • Santi supriyani Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Yufridal Fitri Nursalam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Imla’, Pondok Modern, Pondok Salaf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen pembelajaran imla’ di pondok pesantren modern dan pondok pesantren salaf di Ponorogo, dan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran imla’ antara pondok pesantren modern dan pondok pesantren salaf di Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model studi analisis lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data milik Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komponen pembelajaran imla’ di pondok pesantren modern dibangun atas dasar pembelajaran imla’ yang digunakan sebagai dasar pembelajaran bahasa arab, yang mana bahasa tersebut digunakan sebagai alat komunikasi. Berbeda dengan pondok pesantren salaf, yang mana komponen pembelajaran imla’ dibangun atas dasar pembelajaran imla’ digunakan untuk menghubungkan huruf dengan kaidah pegon sebagai alat bantu memahami naskah-naskah. Proses pembelajaran imla’ di Pondok Pesantren Modern Darut Taqwa lebih terpusat kepada siswa, dan mengembangkan aspek psikomotor yang mana siswa diarahkan untuk menggunakan indra pendengar (telinga), indra penglihat (mata), indra pengucap (mulut), dan jari-jarinya dengan semaksimal mungkin. Sedangkan proses pembelajaran imla’ di Pondok salaf Darul Huda lebih terpusat kepada guru dan mengembangkan pada ranah aspek afektif yang mana siswi diharapkan mampu menulis dan melafalkan huruf-huruf arab dengan benar, kemudian memahami gramatika bahasa.

Published
2022-06-13
How to Cite
Santi supriyani, & Yufridal Fitri Nursalam. (2022). تعليم الإملاء بين المعهد العصرى والسلفى في فونوروغو. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 165-184. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.500