Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 1 Takeran

  • Septeria Hariyani IAIN Ponorogo
  • Aksin
Keywords: Kepemimpinan, visioner, stakeholder

Abstract

Kepemimpinan visioner dalam sebuah lembaga pendidikan penting untuk membawa lembaga pendidikan menjadi lebih baik di masa depan. Kepala sekolah yang memimpin dengan karakter visioner akan memiliki visi yang kuat dan motivasi kerja yang tinggi. Sehingga dapat menciptakan lingkungan yang memiliki motivasi dan semangat kerja yang tinggi dalam sebuah lembaga pendidikan. Karakter kepemimpinan yang tepat juga menjadi salah satu solusi atas permasalahan mutu pendidikan di lembaga pendidikan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi baik tidaknya adalah model kepemimpinan yang memiliki visi. Pemimpin yang memiliki visi yang jelas dan melihat ke masa depan. Seorang pemimpin yang memiliki visi memiliki peran sebagai penentu arah, agen perubahan, juru bicara, dan pelatih. Mutu pendidikan di suatu lembaga pendidikan merupakan mutu yang tidak dapat diabaikan. Untuk mencapai kualitas yang baik dalam suatu organisasi, diperlukan kepemimpinan yang kuat dan visioner serta memiliki komitmen yang kuat. Pemimpin yang memiliki karakter kepemimpinan visioner khususnya kepala sekolah akan lebih mudah menentukan arah lembaga yang dipimpinnya dan dapat fokus membawa lembaga pendidikan. Cita-cita dan arah lembaga pendidikan yang tertuang dalam visi dan misi sekolah. Dengan karakter ini, kepala sekolah dan seluruh pemangku kepentingan di sekolah dapat bekerja sama dan menjadi tim yang solid untuk mewujudkan visi sekolah. Lokasi penelitian yang diteliti adalah SMPN 1 Takeran Magetan

References

Daryanto. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Depdiknas. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis sekolah.Buku I Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2000.

Fadhli, Muhammad. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Volume 1 Nomor 2 (2017): 215-240.

Fitrah, Muh. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu. Volume 3 Nomor 1 Tahun (2017): 31-42.

Fitri, Diva Zelina. Pengertian, Fungsi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Makalah Tugas 2021.

Hanafie & Abdul Malik, St. “MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU SEKOLAH: IMPLEMENTASI PADA SMA NEGERI DI PAREPARE”. Prosiding 2 no. 1 Tahun 2016.

Hidayah, Nurul. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar;Ruzz Media,2016.

Juran, J.M. Kepemimpinan Mutu(Edisi Indonesia). Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1995.

Komariah & Cepi Triatna. Aan. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bandung: Bumi Aksara, 2006.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Nanus, Burt. Visionary Leadership: Creating a compelling Sensa if Direction For Your Organization. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers, 1992.

Putri, Gandes Sekar. Kesusastraan: Ajaran Nilai-Nilai Moral Masa Hamengkubuwono V. Istoria: Jurnal Pendidikan dan Sejarah Volume 13 Nomor 2 Tahun 2017.

Published
2022-06-13
How to Cite
Hariyani, S., & Aksin. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 1 Takeran. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 199-208. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.478