MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS

  • Akhmad Fauzi
  • Siti Maryam Yusuf
Keywords: manajemen madrasah, budaya religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1). Strategi perencanaan kepala madrasah dalam menciptakan budaya religius. 2). Strategi pelaksanaan  kepala madrasah dalam menciptakan budaya religius. 3). Strategi evaluasi kepala madrasah dalam menciptakan budaya religius di MTs Tahfizh Alam Qur’an Winong - Jetis - Ponorogo. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTs Tahfizh Alam Qur’an Ponorogo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan kunci adalah kepala madrasah, bag. Kurikulum, bag. Kesiswaan, bag. Ibadah, bag. Bahasa dan siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Pengecekan keabsahan data dimulai dengan member chek dan dilanjutkan dengan teknik triangulasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Strategi perencanaan yang dilakukan kepala madrasah dalam menciptakan budaya religius meliputi: Assesmen lingkungan internal-eksternal, perumusan visi-misi, penyusunan rencana kerja tahunan madrasah (RKTM), dan penyusunan rencana kerja jangka menengah (RKJM).  2). Strategi pelaksanaan yang dilakukan kepala madrasah dengan meliputi: Pengorganiasaian, dalam pelaksanaan pengorganisasian yang dilakukan kepala MTs Tahfizh Alam Qur’an dengan cara pembentukan struktur MTs Tahfizh Alam Quran dan pembagian Job description, supervise, emberian bimbingan teknis pelaksanaan tugas, dan reward dan punishment.  3). Strategi evaluasi yang dilakukan kepala madrasah meliputi: Musyawarah yang dilakukan yang dilakukan secara rutin yang meliputi, musyawarah bulanan, semesteran dan penyusunan evaluasi diri madrasah EDM

Published
2021-11-25
How to Cite
Akhmad Fauzi, & Siti Maryam Yusuf. (2021). MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(02), 213-227. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i02.409