MANAJEMEN PELATIHAN CANVA UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN

  • Edi Wuryanto IAIN Ponorogo
  • Mukhibat Mukhibat IAIN Ponorogo
  • Umar Sidiq IAIN Ponorogo
Keywords: Kompetensi TIK Guru, Pelatihan, Canva

Abstract

Pendidik dalam proses pembelajarannya harus dapat menggunakan media ajar yang berbasis teknologi
agar tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi yang ada. Maka dari itu, perlu adanya manajemen
peningkatan kompetensi TIK guru karena nantinya akan mempermudah pendidik dalam meningkatkan
kompetensinya. Karena dengan adanya manajemen peningkatan kompetensi TIK guru tersebut dapat
mempermudah peningkatan kompetensi baik pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi peningkatan kompetensi TIK guru dalam pembelajaran melalui pelatihan Canva di SMP
Negeri 1 Sambit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Dengan teknik
pengumpulan data: observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam terhadap informan yang
dianggap mempunyai pengetahuan yang komprehensif tentang informasi yang terkait dengan topik
penelitian. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teorinya M.B Miles, A.M Huberman dan J
Saldana yaitu data collection (pengumpulan data), data condensation (kondensasi data), selecting
(pemilihan), data display (penyajian data), dan conclusion (kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian,
temuan yang diperoleh adalah: (1) Perencanaan peningkatan kompetensi TIK guru dalam pembelajaran
(2) Pelaksanaan peningkatan kompetensi TIK guru dalam pembelajaran (3) Evaluasi peningkatan
kompetensi TIK guru dalam pembelajaran Dari hasil evaluasi 20 orang guru sudah
mengimplementasikan Canva dalam rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, 3 orang
guru mengimplementasikan Canva pada rencana pembelajaran, dan 1 orang guru belum
mengimplementasikan pada rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran.

References

Abdulsyani, Sosiologi Skematika. Teori Dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Adelina Purba, Yusnita, Amin Harahap. Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 06, No. 02, Juli (2022): 1328-1333.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Arikunto, Suharsimi, Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Ahmadi. Manajemen Kurikulum: Kecakapan Hidup. Yogyakarta: Pustaka Ifada, 2013.

Alexandromeo. "Apa itu Canva? Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya (Lengkap)". 14 Mei 2023. https://makinrajin.com/blog/canva-adalah/

Batubara, Delila Sari. “Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya),” Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 3, No. 1. (2017).50-51.

Budiman dan Suparjo. Manajemen Strategik Pendidikan Islam.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Renada Media Group, 2012.

Darmawan, Arief, et.al. Pedoman Penyelenggaran Pembelajaran Berbasis TIK dan Pemilihan Duta Rumah Belajar 2021. Pusdatin: Kemendikbud 2021.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat bahasa Depdiknas, Balai Pustaka. 2002.

Departemen Sosial. Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar. 2007.

Departemen Agama RI. Al-Hikmah: Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2011.

Dilson, Noviardi, Lilik Suhery, Hanifah Asnur, Rini Yunita, Siska Arimadona. “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru MTsN 1 Kota Payakumbuh dalam Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi TIK.” Bernas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol.1 No. 4, October 2020.

Donni J. P.& Suwatno H. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2001.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Fathurrohman. “Kompetensi Guru pada Teknologi Masih Rendah,” 2020 https://fin.co.id/2020/02/07/kompetensi-guru-pada-teknologi-masih-rendah/.

Fitriyadi, H. Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 2015.

Firdaus, Erwin, Ramen A Purba, Iskandar Kato, Sukarman Purba, Novita Aswan, Karwanto, and Dina Chamidah. Manajemen Mutu Pendidikan Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Ghafur, M. Kendala Penerapan TIK di Bidang Pendidikan. Jakarta: Universitas Indonesia. kendalapenerapan tik di bidang pendidikan. diakses tanggal 27 Agustus 2015. https://staff.blog.ui.ac.id/harrybs/2009/04/22/

Gintings, Abdorrakhman. Esensi Praktis Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Humaniora, 2011.

Guru Penyemangat. “9 Kelebihan dan Kekurangan Canva sebagai Platform Desain Grafis Online”. Guru Penyemangat. 2022, diakses 15 Mei 2023. https://www.gurupenyemangat.com/2022/01/kelebihan-dan-kekurangan-canva.html

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Irsan, Andi Lely Nurmaya.G, Adinda Pertiwi, Fina R. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva.” Jurnal Abdidas Vol 2 No 6 Tahun (2021): 1416-1417.

Janawi. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta, 2011.

Jihad, Asep. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Perssindo, 2012.

Junaedi, Sony. “Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa pada Mata Kuliah English For Information Communication and Technology”. 07: 80–89. 2021

Kasmir. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Kaswan, Kaswan. Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta, 2016.

Koswara, Rochmat. “Manajemen Pelatihan Life Skill dalam Upaya Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren”. Jurnal Empowerment. Vol. 4 No. 1, 2014: 43-44.

Kurniawan, Arie. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran di SMP Negeri 5 Ponorogo, Jawa Timur”. Jurnal Teknodik. Vol. 23 - Nomor 1, 2019: 60-61.

Kusmana, Suherli, “Pengembangan Literasi dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah,” Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia 1, no. 1 (2017)

Kusumastuti, Ahmad, dan Ahmad Mustamil Khoiron. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Soekarno Pressindo Kota Semarang, 2019.

Machali dan Hidayat, The Handbook of Education Management Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia, Vol. 1: 204.

Mahardika, Andi Ichsan. "Nuruddin Wiranda, Mitra Pramita. Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring". Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 4 No. 3, Agustus 2021: 280.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama, 2011.

Miles. M.B, A.M Huberman, dan J Saldana. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, 3rd ed. USA: Sage Publications, 2014.

Mistiani, “Penerapan Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah,”

Moelong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Mudinillah, Adam, Rizaldi, M.. “Using the Canva Application as an Arabic Learning Media at SMA Plus Panyabungan”. At-Tasyrih Vol. 2 No. 1. Year (2021): 26.

Mulyadi, Suprayekti, Fathia Fairuza. Evaluasi Program. Jakarta: Lembaga Pengembangan UNJ. 2015.

Mulyadi, Implementasi Kebijakan. Jakarta: Balai Pustaka, 2015.

Mulyasa. E. Standar Kompetensi Guru dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya, 2007.

Mulyasa. Manajeman dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Muhson, Ali. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2. Tahun (2010): 1.

Murniati, A. R. “Implementasi Manajemen Strategik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMAN 10 Fajar Harapan.” Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah 2, no. 2 (2014): 85.

Niarsa, A. "Studi Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora". Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013.

Jannah, Nur, Dwi Endah, “Manajemen Pelatihan di Lembaga”, Jurnal Student, Universitas Negeri Yogyakarta. 65-68

Rahman, Fathur. Ratna, Hj. Silvia. Wagino, Wagino. dan Alamsyah, Nur. “Pelatihan Pembuatan Presentasi Interaktif Menggunakan Prezi pada Guru di SDIT Anak Sholeh Mandiri.Banjarmasin.” Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas. Volume 6 Nomor 2. Desember (2020): 176.

Rahmatullah, Rahmatullah. Inanna, Inanna. dan Ampa, Andi Tenri. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12 No 2. (2020): 325.

Raco. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana, 2010.

Rahmadhon, Amirul Mukminin, dan Muazza, “Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi pada Masa Pandemi Covid-19 di MIS Darussalam Kec. Jelutung Kota Jambi,” JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. 1. (2021): 376-377.

Resmini, Setya, Intan Satriani, dan M. Rafi. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Adimas Siliwangi 4, no. 2. (2021): 337-338.

Rivalina, Rahmi, “Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” Jurnal Teknodik 18, no. 2. (2014): 167-168.

Riadi, Akhmad. “Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran.” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15, no. 28. Oktober (2017): 61.

Riniwati, Harsuko. Manajemen Sumber Daya Manusia (Aktivitas Utama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Malang: Penerbit UB Press, 2016.

Rivai. V. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Rusdiana, Riza Yuli, Widya Kristiyanti Putri, dan Vega Kartika Sari. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4, no. 3. (2021): 210-212.

Rusman. Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.

Salim, dan Syahrum. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media, 2012.

Sidiq. Umar, Miftachul Choiri dan Anwar Mujahidin. Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019: 94-95.

Sidiq, Umar, “Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini”, Jurnal Excelencia, No. 1 (2023): 184.

Sidiq, Umar, “Desain Pembelajaran Akhlak melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Of Islamic Education, No.2 (2020): 130.

Slameto. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta, 2014.

Saondi, Ondi dan Suherman. Aris. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama, 2010.

Sudjana. Sistem dan Manajemen Pelatihan. Bandung : Falah Production, 2007.

Suwandi, Sarwiji, Pendidikan Literasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Tanjung, R. E, dan D. Faiza. “Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika.” Jurnal Vokasional Teknik elektronika dan Informatika 7, no. 2. (2019): 65-66.

Thoyib, Muhammad. "Strategi Peningkatan Mutu SDM Pendidikan Berdasarkan Sistem Broad Based Education dan High Based Education Menghadapi Tantangan Abad Ke-21 di Indonesia." Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 8, no. 1. (2013): 16.

UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, t.t.

Uno, Hamzah B. et.al. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Usman, Nurdin, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo, 2002.

Wulandari, Nana. "Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta." Yogyakarta: UNY, (2014).

Y. Maryono, dan B. Patmi Istiana. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Yudhistira, 2008.

Yamin, Martini, dan Maisyah. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press, 2010.

Yuli Kadarwati, Ita, “Manajemen Program Bilingual Berbasis Pendidikan Holistik di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.” Journal Excelencia of Islamic Education & Management, Vol 1, No 1, (2021): 49.

———. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.

______, Tentang Canva. https://www.canva.com/id_id/about/

iin isna . Kelebihan dan Kekurangan Canva sebagai Platform Desain Grafis Online. 09 Juli 2022 https://www.iinisnaeni.com/2022/07/kelebihan-dan-kekurangan-canva.html.

_______. 9 Kelebihan dan Kekurangan Canva sebagai Platform Desain Grafis Online - Guru Penyemangat. https://www.gurupenyemangat.com/2022/01/kelebihan-dan-kekurangan-canva.html

_______. 9 Kelebihan dan Kekurangan Canva sebagai Platform Desain Grafis Online - Guru Penyemangat. https://www.gurupenyemangat.com/2022/01/kelebihan-dan-kekurangan-canva.html.

Published
2024-11-14
How to Cite
Wuryanto, E., Mukhibat, M., & Sidiq, U. (2024). MANAJEMEN PELATIHAN CANVA UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 4(02), 160-175. https://doi.org/10.21154/excelencia.v4i02.3749