Manajemen Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an di SMPN 3 Ponorogo

  • Subhan Masruri IAIN Ponorogo
  • Syafiq Humaisi IAIN Ponorogo
  • Elfi Yuliani Rochmah IAIN Ponorogo
Keywords: Manajemen Pembelajaran, Peningkatan Kompetensi, Kompetensi Membaca Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara harapan Masyarakat dan sekolah tentang kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang optimal dan kenyataan masih banyaknya siswa yang belum mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Selain itu juga dilatarbelakangi dengan pengimplementasian Peraturan Bupati Ponorogo Nomor 37 tahun 2022, sehingga diadakan perubahan pada struktur pembelajaran, dengan menambahkan jam Pelajaran dibidang keagamaan. Peneliti melakukan penelitian di SMPN 3 Ponorogo karena Lembaga tersebut telah mengimplementasikan Peraturan Bupati yang telah ditetapkan dan telah menghasilkan output yang cukup optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan manajemen pembelajaran Al-Qur’an, (2) implementasi pembelajaran Al-Qur’an, serta (3) evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di SMPN 3 Ponorogo yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an siswanya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data milik Miles Huberman dan Saldana, yaitu pemilihan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Selanjutnya teknik keabsahan datanya menggunakan pendekatan waktu penelitian serta triangulasi sumber dan metode. Temuan yang diperoleh adalah perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an di SMPN 3 Ponorogo dilakukan dengan membentuk tim perencana, menetapkan pengurus bidang keagamaan, dan merencanakan program berdasarkan kebutuhan dan tujuan siswa. Setelah itu dibuatlah program pembelajaran Al-Qur’an yang strategis dan realistis sebagai upaya keberhasilan program dan untuk mencapai tujuan dan target yang sudah ditetapkan. Implementasi pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an dilaksanakan dan didukung oleh pihak sekolah secara maksimal. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sejak tahun 2021 telah meningkat secara signifikan serta hafalan siswa yang terus bertambah dan adanya kepuasan orang tua terkait perkembangan anaknya. Program yang diterapkan diantaranya adalah pengelompokan siswa sesuai kemampuan membaca Al-Qur’an, penganggaran khusus pembelajaran Al-Qur’an, mendatangkan tenaga ahli Al-Qur’an, penyediaan jam intrakulikuler Al-Qur’an, dan pengadaan MOU dengan pondok pesantren tahfidz, serta didukung juga dengan penyediaan fasilitas yang baik, aman dan nyaman oleh sekolah. Evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an dilakukan pada akhir semester yang dilakukan oleh Ustadz dan Ustadzah yang mengajar dibidang Al-Qur’an dengan melaksanakan uji publik sesuai tingkatannya. Pelaksanaan evaluasi digunakan mengetahui hasil dari program serta kendala dan hambatan program.

.

 

 

References

Ali, Nawawi. Pedoman Membaca Al-Qur’an (Ilmu Tajwid). Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1986.

Annuri, Ahmad. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Bina Aksara, 1983.

Bastomi, Yazidul. “Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an Dengan Metode Ummi.” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, 2020.

Bukhari, Imam. Maktabah Syamilah: Shahih Bukhari, No. 5027. Vol. Juz 6, t.t.

Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia, Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2013.

Darsono. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press, 2001.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Effendi, Alwan. Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi, 2017.

Eva Trisnantari, Hikmah, Masrokan Mutohar, dan Hari Subiyantoro. Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Karakter Bangsa, Strategi Implementasi Kurikulum. Tulungagung, 2015.

Faridl, dan Miftah. Pokok-Pokok Ajaran Islam. Bandung: Pustaka Bandung, 2009.

Fauziah. “Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Serambi PTK, 2012.

Giatna Putri, Shelya. “Pengaruh Lingkungan dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Menghafal AL-Qur’an Siswa Tahfidz di SMP Ma’arif 1 Ponorogo,” 2020.

Gordon B, David. Management System Information. Jakarta: TP.Midas Surya Grafindo, 1994.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bina Aksara, 2008.

Hardani et al. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.

Harjanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.

Huda, Miftahul, Mukhibat, Nur Kolis, Iza Hanifuddin, Sugiyar, Rohmah Maulidia, dan Sirojudin Ahmad. Panduan Penulisan Tesis. Ponorogo: Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2022.

Hude, Darwis, Nur Arfiyah Febrianti, dan Cece Cece. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal Berbasis Al-Qur’an (Implementasi di SMAN Kabupaten Purwakarta).” Alim | Journal of Islamic Education 1, no. 2 (8 Oktober 2019): 335–52. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.144.

Imroatul Fadhilah, Kurnia. “Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Metode Usmani Dalam Meningkatkane Mutu Bacaan Al-Qur’an Siswa (Studi Kasus di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan,” 2022.

Indarti, Luluk. Manajemen Pembelajaran. Tulungagung: GUEPEDIA, 2020.

———. Manajemen Pembelajaran. Tulungagung: Guepedia, 2020.

Irfan, Qowwiyul Aziz Alhajj. “Manajemen Mutu Pembelajaran al-Quran di SMA Islam Al-Azhar BSD.” Repository PTIQ Jakarta. Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran, 2022.

J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.

KBBI.web.id/ajar. “Kamus Besar Bahasa Indonesia,” t.t.

Khoirudin, Heri, dan Ajeng Kustiani Widya. “Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Berbasis Metode Tilawati.” Islamic Educational Management 5 (2020): 58–59.

Khunaifi, A’an Yusuf, dan Muhamad Hasan Sadili. “Penguatan dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Al Quran Melalui Training Metode Baca Tulis dan Menghafal Al Quran Yanbu’a Bagi Pengajar dan Santri.” JoIEM (Journal of Islamic Education Management) 3, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.30762/joiem.v3i1.5.

Khusnul Aulyah, Suwarno. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode Al-Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sdn Kepanjen 2 Jombang.” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 6, no. 1 (2021): 496–512.

Machali, Imam, dan Ara Hidayat. The Handbook of Education Management Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Vol. Vol. 1. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2016. https://doi.org/10/BAB%208.pdf.

Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Rosda Karya, 2014.

Majid, Latief Abdul. Manajemen Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Hajah, 2015.

Maliki, Putriani L., dan Alfian Erwinsyah. “Evaluasi Manajemen Pembelajaran Di Madrasah.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10, no. 1 (2020): 24–37. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.854.

Maliki, Putriani L, dan Alifian Erwinsyah. “Evaluasi Manajemen Pembelajaran Di Madrasah.” Manajemen Pendidikan Islam 10 (2020): 28.

Mamik, Dr. Metodologi Kualitatif. Zifatama Jawara, t.t.

Mamonto, Samuel. “Strategi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pad Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yapis Wamena.” At-Ta’ib Jurnal Kependidikan dan Keagamaan 6 (2022): 668.

Mattew B., Miles, A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Third Edition. California: Sage Publications, Inc., 2014.

Muhammad Isa, Kamal. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Fikahati Aksara, 1994.

Mulyasa, E. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Muri Yusuf, Ahmad. “Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan,” 2017. https://digilibsmkkehutanankadipaten.com/index.php?p=show_detail&id=1786.

Nasrul, Erdy. “Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan.” Republika, 2023. https://news.republika.co.id/berita/rp3kgi451/membangun-masa-depan-indonesia-melalui-pendidikan.

Noviana, Tri. Tahap-Tahap Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Nur, Ita Rosita, dan Rita Aryani. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan.” AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis 2, no. 3 (2022): 100–110. https://doi.org/10.37481/jmh.v2i3.474.

———. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan.” AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis 2, no. 3 (2022): 100–110. https://doi.org/10.37481/jmh.v2i3.474.

“Pengertian Pendidikan dan Makna Pendidikan Menurut Para Ahli,” t.t. https://www.silabus.web.id/pengertian-pendidikan-dan-makna-pendidikan/.

Perencanaan Pembelajaran. Abdul Madjid. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Permana, Hinggil, dan Rina Syafrida. “Meningkatkan Keterampilan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Metode Utsmani dan Metode Baghdadi,” 2019.

Perni, Ni Nyoman. “Kompetensi Pedagogik Sebagai Indikator Guru Profesional.” Pendidikan Dasar 2 (2019): 176–77.

Quthan, Manaul. Pembahasan Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Rahardjo, Mudjia. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.

Rahmi, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Roosinda, Fitria Widiyani. Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing, t.t.

Rosifat Aqli, Agus. “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Ekstrakulikuler BTQ pada Siswa Kelas XII MA Unggulan Tlasih Tulangan Sidoarjo.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014.

Rukajat, Ajat. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Rusman. Manajemen Kurikulum. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada, 2008.

Sabman, Marmun. Buku Panduan Tahsin Kelas X. Jakarta: Kencana, 2014.

Saefullah. Manajemen Pendidikan Islm. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Saefullah, U. Manajemen Pendidikan Islam, ed. Beni Ahmad Saebani. Jawa Barat: CV. Pustaka Setia, 2013.

Sancoko, Sugiri, dan Soegoeng Prakoso. “Peraturan Bupati Ponorogo tentang Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Keagamaan pada Pendidikan Dasar di Kabupaten Ponorogo,” 2022.

Semiawan, Conny R. Metodologi Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2010.

Sidiq, Sidiq Umar. Manajemen Dakwah. Disunting oleh anwar anwar mujahidin. Vol. 1. Tulungagung: STAIM Tulungagung, 2022. https://doi.org/10/1/4.%20BUKU%20MANAJEMEN%20DAKWAH.pdf.

Sidiq, Umar, Miftachul Choiri, dan Anwar Mujahidin. “Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1–228.

Siti, Rohmatillah, dan Munif Saleh. “Manajemen Kurikulum Program Tahfidz Al-Quran di Pondik pesanteran Salafiyah Al-Azhar Mojosari Situbondo.” JPII Volume 3, 2018, 107–21.

“SMPN 3 Ponorogo – STIPO BERPRESTASI,” 20 Desember 2022. https://smpn3ponorogo.sch.id/.

Subadi, Tjipto. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Penerbit Muhammadiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2006.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penenlitian yang Bersifat: Esksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta, 2020.

Sukarna. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju, 2011.

Sulastri, Lilis. Manajemen: Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori Dan Praktik. Bandung: La Good’s Publishing, 2014.

Suprihanti, John. Manajemen. Yogyakarta: UGM Press, 2018.

Suradi, Ahmad. “Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-Alhag Kota Bengkulu.” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. 2 (2018): 172–83.

Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Tamaji, Sampiril Taurus. “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab.” Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora 5, no. 1 (25 April 2018): 107–22. https://doi.org/10.52166/dar.

Tamsoa, Irwan. “Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Pada Sekolah Menengah Pertama di kota Sukabumi.” Institut PTIQ Jakarta, 2019.

Terry, Geoerge R. Asas-asas Manajemen. Disunting oleh Terjemahan Winardi. Bandung, 2012.

Terry, George R. Principles of Management. Halethrope: Irwin Dorsey, 1977.

U, Cahyo Budi. Manajemen Pembelajaran. Semarang: Unnes Press, 2018.

Apaak, Daniel, and Emmanuel Osei Sarpong. “Knowledge Level and Incidence of Sexual Harassment in Sports: Views of Ghanaian Female University Athletes.” Journal of Educational and Social Research 5, no. 3 (2015): 121.

Huberman, Michael, and Matthew B. Miles. The Qualitative Researchers Companion. Sage, 2002.

Marufah, Afni. “Pelaksanaan Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Budaya Religius di SD Muhammadiyah Terpadu dan SD Maarif Ponorogo.” Tesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019.

Muafiah, Evi, Anis Afifah, Dede Nurohman, Syamsul Huda, and Siswadi. “The Concept of Eco-Friendly Schools: The Application of Science Education in Shaping Childrens Characters to the Environment.” Journal of Physics: Conference Series 1796, no. 1 (February 2021): 012063. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012063.

Perempuan, Komnas. “Komnas Perempuan.” Retrieved from Komnasperempuan. Go. Id: Https://Www. Komnasperempuan. Go. Id/Read-News-Menemukenali-Kekerasan-Dalam-Rumah-Tangga-Kdrt, 2021.

Published
2024-11-17
How to Cite
Masruri, S., Humaisi, S., & Rochmah , E. Y. (2024). Manajemen Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an di SMPN 3 Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 4(02), 190-204. https://doi.org/10.21154/excelencia.v4i02.3733