PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER SUPERVISOR MOTIVATOR DI MA DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO
Abstract
Kajian ini dilatarbelakangi oleh ketidak profesionalan guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga pendidik, kurangnya pemahaman materi dan penguasaan metode pembelajaran yang digunakan. Hal ini berdampak pada kualitas pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, peran kepala madrasah sangat penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Melalui inisiatif seperti workshop, supervisi, pelatihan, dan motivasi, kepala madrasah dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menyampaikan materi dan menggunakan metode pembelajaran yang efektif. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan metode pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data yang digunakan yaitu Milles & Huberman dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa kepala madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak. Beliau bertindak sebagai leader, supervisor, dan motivator. (1) Sebagai leader, kepala madrasah membuat perencanaan melalui supervisi dan evaluasi, selain itu, membuat strukrut organisasi, melaksanakan pengelolaan kepegawaian dan melaksanakan evaluasi secara teratur (2) Sebagai supervisor, kepala madrasah membuat jadwal supervisi terencana, melibatkan guru-guru senior dalam proses supervisi, dan menerapkan berbagai model supervisi yang sesuai dengan kebutuhan evaluasi dan karakteristik individu guru. (3) Sebagai motivator, kepala madrasah memberikan dorongan kepada guru untuk mengejar pendidikan tinggi, mengadakan seminar dan pelatihan, memberikan penghargaan atas pencapaian, dan memberikan pembinaan langsung kepada guru yang membutuhkan. Ini menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif bagi seluruh anggota madrasah.
References
Ahmad Kadir. Dasar-Dasar Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Indobis Media Center, 2003.
Albito, Anggito, and Johan Setiawan. Metode Penelitin Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Anco. “Berbagai Aspek Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Shautut Tarbiyah 25, no. 1,2019.
Anshari, Ismail, and Ela Zahara. “Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di Smp Abulyatama Aceh Besar.” Intelektualita 6, no. 1, 2017.
Ansori, Aan. “Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Pendidikan 1, no. 3, 2016.
Aprilianto, Ahmad Sirojuddin. Andika. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Membina Profesionalisme Guru.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 1, 2021.
Asrori, H M, and Masluyah Suib. “Hubungan Kepimpinan Dan Pemberian Motivasi Oleh Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan Untan 2, 2019.
Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3, no. 01, 2022.
Dewi Sri. Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru Di MIN 9 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung. Lampung, 2019.
Eko, Murdiyanto. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press, 2020.
Euis Karwati. Kinerja Dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta, 2013.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1, 2021.
Garti Sri Utami. Modul Kepala Sekolah Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Diktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2016.
Ginanjar, Muhammad Hidayat, and Edi Purwanto. “Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di SMK Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 01, 2022.
Iman, Atep, Inda Aidatul Azpah, Fahri Aprianto, Sanam Sanam, and Bohari Bohari. “Vocational Education National Seminar ( VENS ) Problematika Tenaga Pendidik Dalam Pengembangan Profesionalitas Guru,” 2022.
Juarman, Nanda Nurrosyidah Rahmawati, Dwi Lestari. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru.” Jurnal Publikasi Pendidikan 10, no. 2, 2020.
Juliani, Retno Djohar. “Model, Pendekatan, Dan Teknik Supervisi Pendidikan Di Perguruan Tinggi.” Administrasi Niaga FISIP Universitas Pandanaran 16, no. 22, 2011.
Kawasati, Iryana Riski. “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif.” Metode Kualitatif 2, no. 5, 1990.
Kurniati. “Pendekatan Supervisi Pendidikan.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4, no. 1, 2020.
Midangsih, Nyoman. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Bandung: Nilacakra, 2021.
Monara. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan 3, no. 5, 2016.
Mursyid. Tips Aplikasi Manajemen Sekolah, Jurnal Makmur Asmani. Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Muslim, Sri Banun. “Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru.” Pendidikan 1, no. 3, 2020.
Muspawi, Mohamad. “Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20, no. 2, 2020.
Naraya Fitri Anjani. Febrina Dafit. “Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Naraya.” Nazzama: Journal of Management Education 2, no. 1, 2022.
Nasution, Inom. Supervisi Pendidikan. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya, 2021.
Nurkholis. Manajrial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2023.
Nurtanio Agus Purwanto. “Peningkatan Profesionalisme Guru.” Foundasia 1, no. 9 2008.
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Purwanto, Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2020.
Rachman, Tahar. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator, Manager, Administrator, Innovator, Motivator, Supervisor Dan Leader Di SMA Negri 1 Kubu Kabupaten Rokan Hilir.” Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) 4, no. 3, 2018.
Rostikawati, Dian. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2020.
———. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2022.
Sagala, Saiful. Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Saputra, W.N.A., Jairi, and S. Rohaetin. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Negeri 1 Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan.” Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 11, no. 02, 2019.
Sari, Purnama. “Hubungan Motivasi Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Kecamatan Jawai Selatan.” Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan 5, no. 2, 2021.
Siahaan, Amirudin. Perencanaan Pendidikan. Medan: UMSU Press, 2023.
Suharno, Agus, and Siti Fitriana. “Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” ODHA, Masalah Sosial Dan Pemecahannya 12, no. 01, 2006.
Syamsul, Herwati. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Sma Negeri 1 Kampar Timur.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan I, no. 2, 2017.
Syukron, Muhamad, Diana Riski, Sapitri Siregar, and Sita Ratnaningsih. “Model Supervisi Dalam Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan.” Jurnal Kependidikan Islam 13, no. 1, 2023.
Triningsih, Hj. “Peran Kepala Sekolah Dalam Kajian Manajemen Personalia.” STATEMENT 1, no. 1, 2011.
Walid, Muhammad. Supervisi Pendidikan. Jember: CV. Salsabila Putra Pratama, n.d.
Wijaya, Helaluddin. Hengki. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktik. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.
Yahya, Murip. Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pusaka Setia, 2013.
Zazin, Nur. Kepemimpinan Dan Manajemen Konflik. Yogyakarta: Absolut Media, 2010.
Copyright (c) 2024 Excelencia: Journal of Islamic Education & Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.