Penerapan Language Game Bentuk Permainan Tradisional Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah

  • Mahfud Saiful Ansori
  • Ahmad Bashori
Keywords: Traditional games, Language Games, Learning Strategies

Abstract

Innovation in Arabic language learning strategies is increasingly developing along with technological developments. This research aims to analyze the effectiveness of implementing traditional language games in Arabic language learning, as well as various factors that support or hinder their implementation. This research uses a quantitative approach with an experimental questionnaire research type using pretest and posttest, as a data collection technique, the T test technique for analyzing data. The research results obtained are based on the t-test carried out by the researcher, the t-test data obtained is 0.4415 which is greater than 0.05, so H0 is accepted, so it can be concluded that there is no difference in Arabic language scores between students who study Arabic with strategies. language game learning with those who don't

References

Bishop, J, C & Curtis, M, 2005. Permainan anak anak zaman sekarang, Jakarta: PT. Grasindo,

Effendi,Ahmad, 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang miskat.

Cresswell John W,Research Desaign: Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif Dan Mixed Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Gulo W., Strategi Pembalajaran, Jakarta Grasindo. 2002

Tarigan Henry Guntur, Jago Tarigan dan, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 1987.

Hamdani,Strategi Belajar Menagajar Bandung: CV Pustaka Setia 2011

Hamid ,M.Abdul,dkk.Pembelajaran bahasa Arab, malang,uin malang press,2008

Haryono, Seni Pertunjukan dan Seni Rupa dalam Perspektif ArkeologiSeni. Surakarta: ISI Press Solo, 2008.

Hughes, F.PChildren, play, and development. Boston: . 1999. Allyn and Bacon

Huizinga Johan, Homo Ludens Fungsi dan Hakekat Permainan dalam Budaya, Terjemahan Hasan Basari. Jakarta: LP3ES,1990.

Ibrahim Nana Sujana, Pengantar dan Penelitian Pendidikan Bandung: Sinar Baru, 1989

Indayana Bagus , Mainan Tradisional Di Daerah Istimewa Yogyakarta Ragam Bentuk, Fungsi Sosial dan Kultural Disertasi Universiatas Gajah Mada Yogyakarta Tahun 2013

Jarahitna team,Tranformai nilai melalui permaian tradisional rakayat daerah istimewa yogyakarta .departemen pendidikan dan kebudayaan 1992

Kartono. Teori Permainan. Penerbit Andi Offset : Yogyakarta. 1994

Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia, 1984

Krisdyatmiko, Dolanan anak reflesi budaya dan tumbuh kembang anak Yogyakarta: plan internasional Indonesia dan LPM sosiatri fifol UGM 1999

lathifah Mariyatu, Tesis Efetifitas Teknik pengajaran mutaba’ah terhadap perubahan siakp afektif siswa dalam pembelajran PAI Studi Eksperimen di SMPN 7 Yogyakarta.

latif Jamroh,Konsep Pembelajaran Aktif,inovatif,kreatif,efektif dan meyenangkan( PAIKEM),Cd kumpulan Modul PLPG Rayon Fak.Tarbiyah UIN Sunan kalijaga Yogyakarta 2008

Lois Holzman,. Vygotsky at Work and Play London and New York:Routledge, 2009

Lubis Nabilah, Naskah, Teks, dan Metode Penelitian Filologi, Jakarta: Forum Kajian Bahasa & Sastra Arab Fakultas Adab IAIN Syarif Hidayatullah, 1996

Montolah BEF,dkk,Bermain dan permainan Anak, Jakarta:Universiatas Terbuka,2005

Mujid Fathul dan nairul rahmawati,Metode Permainan –permainan edukatif dalam belajar bahasa Arab, yogyakarta, :diva press 2011

Mulyono Dedi,Metodologi Penilitian Kuantitatif, bandung: PT rosda karya 2004

Nata Abuddin,Perfektif Islam tentang strategiPembalajaran .Cet.1 Jakarta: Kencana ,2009

Permenag No.02 Tahun 2008 Tentang standar kompetensi lulusan dan standar isi pendidikan agama islam dan bahasa Arab di madrasah.

S Nasution, Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito2003

Sanjaya Wina,kurikulum dan pembelajan :teori dan praktek pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP), Bandung : Kencana ,2008

Suarsih Septia, Malah ini disampaika pada saat pengadian masyakat di kec.bayat klaten.

Sugiono,Metode Penilitian Kuantitaif,Kualitatif Dan R Dan D, bandung: alfabeta 2008.

,Metode Penilitian Kuantitatif ,Kulaitatif dan R&D ,Bandung,Alfabeta 2011

Sukardi, Metodologi Penilitian Pendidikan Kompetensi Dan Prakteknya Jakarta: Bumi Askara,2009

Sukmadinata Nana Syaodih, Metodologi Penelitian Pendidikan,Sumber: Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs Maarif 1 Ponorogo

Supriadi, Dedi. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta, 1994

Suyadi,Strategi Pembelajaran pendidikan karakter ,Bandung, Remaja Rosda Karya 2013

Syaiful Mustofa,Strategi Pembelajaran Bahasa Arab I novatif. Malang: UIN MALIKI Press,2011

Rosyidi wahab,ni’mah,Memahami Kosep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab,Malang UIN MALIKI Pres,2012

Toha Mohammad, Tesis Pengembangan Model Permainan Tradisional Geprek Kempung dan Gobag Sodor untuk Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Mahasiswa Pasacasarjana Universitas Negeri Malang

Wahab Rosyidi Abdul,Media Pembelajaran Bahasa Arab Malang,UIN-Malang Press 2009

Published
2024-05-30
How to Cite
Mahfud Saiful Ansori, & Ahmad Bashori. (2024). Penerapan Language Game Bentuk Permainan Tradisional Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah . Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 4(01), 111-128. https://doi.org/10.21154/excelencia.v4i01.3096