Peran Kepemimpinan Transformatif Ki Hajar Dewantara Dalam Pengembangan Madrasah Unggul: Sebuah Kajian Literatur
Abstract
Abstract
Transformative leadership is considered an approach that is able to change organizational culture and create a dynamic learning environment. This research aims to analyze the impact of implementing ki hajar dewantara's transformative leadership principles on the development of madrasas as quality educational institutions. The research methodology used is a literature review which aims to explore ki hajar dewantara's transformative leadership concept and its implementation in the development of superior madrasas. The research results highlight ki hajar dewantara's contribution in building an educational culture that is inclusive, progressive, and focuses on developing the potential of students. The research findings provide in-depth insight into how ki hajar dewantara's transformative leadership can be the main pillar in achieving superior madrasas. The practical implication of this research is that it emphasizes the importance of integrating ki hajar dewantara's transformative leadership principles in future madrasa development strategies. In conclusion, efforts to understand and implement ki hajar dewantara's transformative leadership policies can make a positive contribution in producing a superior and highly competitive generation through madrasas as developing educational institutions.
Abstrak
Kepemimpinan transformatif dianggap sebagai suatu pendekatan yang mampu merubah budaya organisasi dan menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan transformatif Ki Hajar Dewantara terhadap perkembangan madrasah sebagai Lembaga Pendidikan yang berkualitas. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu kajian literatur yang bertujuan untuk mengeksplorasi konsep kepemimpinan transformatif Ki Hajar Dewantara dan implementasinya dalam pengembangan madrasah unggul. Hasil penelitian menyoroti kontribusi Ki Hajar Dewantara dalam membangun budaya Pendidikan yang inklusif, progresif, dan berfokus pada pengembangan potensi peserta didik. Temuan penelitian memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana kepemimpinan transformatif Ki Hajar Dewantara dapat menjadi pilar utama dalam mencapai madrasah unggul. Implikasi praktis dari penelitian ini yaitu menekankan pentingnya pengintegrasian prinsip-prinsip kepemimpian transformatif Ki Hajar Dewantara dalam strategi pengembangan madrasah di masa depan. Kesimpulannya, Upaya untuk memahami dan menerapkan kebijakan kepemimpinan transformatif Ki Hajar Dewantara dapat memberikan kontribusi positif dalam mencetak generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi melalui madrasah sebagai Lembaga Pendidikan yang berkembang
References
Ahmad, Muhammad Yusuf. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Unggulan Di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru.” Jurnal Al-Hikmah 14, no. 2 (2017).
As Hornby. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. United Kingdom: Oxford Universitty Press, 2015.
Fauzi, Anis, and Khawasi. “Strategi Pengembangan Madrasah.” Tarbawi 2, no. 1 (2016).
Fika, Nurul, Atiqoh, Machdum Bachtiar, and Agus Gunawan. “Model Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Dalam Manajemen Pendidikan.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6, no. 4 (2023).
Fitri, and Binti. “Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan Islam.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 2, no. 2 (2021).
Ghofur, A. “Dakwah Islam Di Era Milenial.” Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 5, no. 2 (2019): 136–49.
Hapsari, Putri, and Fauziah. “Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Ibu Yang Bekerja: Sebuah Studi Literatur.” VISI: Jurnal Ilmiah PTK PNF 15, no. 2 (2020).
Imroatin Octaviarnis dkk. “Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Komunikasi Organisasi, Komitmen Organisasi Dengan Kinerja Guru SMK Negeri Di Kota Malang.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 6, no. 4 (2021).
Inderasari, Elen, and Nur Hadi. “Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Profesionalitas Manajemen Madrasah (Studi Kasus Madrasah Aliyah Darul Ulum Kota Semarang).” Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam 09, no. 01 (2021): 40–52.
Jahari, Jaja, and Amrulloh Syarbini. Manajemen Madrasah Teori Strategi Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
Kuswaeri, Iwan. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah.” Tarbawi 2, no. 02 (2016).
M. Muslim. “Pemaknaan Min Al-Dhulumat Ila-Nur Dalam Usaha Transformatif Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 1, no. 1 (2018).
Rachman, R. F. “Discourse On Optimizing The Cultural Heritage Of Bung Karno Schools.” Jurnal IImu Kesejahteraan Sosial 9, no. 2 (2020): 118–36.
Rahmah, Annisa Auliya, and Hudaidah. “Ideologi Ki Hajar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Nasional.” Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan 1, no. 2 (21AD).
Rahmaini, Argista, Khanan Auladi, Urip meilina Kurniawati, and Istiningsih. “Model Kepemimpinan Transformatif Dalam Mengembangkan Pola Kepemimpinan Madrasah.” Jurnal As-Salam I X, no. 1 (2021): 87–112.
Shoffan Mujahid dkk. “Restorasi Kepemimpinan Nasional Berlandaskan Nilai Luhur Budaya Bangsa: Studi Kasus Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara.” Social, Humanities, and Education Studies (SHEs) ): Conference Series 5, no. 1 (2022).
Sudarmiati, Nyoman. “Landasan Ajaran Asta Brata Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolaj Di SMA N 7 Luwu Timur.” Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2020).
Suharso, and Ana Retnoningsih. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widia Karya, 2011.
Sunarto. Icebreaker Dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Pendidikan, 2012.
Tim Redaksi KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2008.
Wayne H, and Miskel C,G. Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Wiwaha, Weli Arjuna. “Pengembangan Madrasah Unggulan Di Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman XII, no. 1 (2019).
Copyright (c) 2024 Excelencia: Journal of Islamic Education & Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.