Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMK PEMKAB Ponorogo

  • Risdamayanti IAIN PONOROGO
  • Tintin Susilowati
Keywords: Implementasi, PKB, Kompetensi Profesional

Abstract

Pengembangan profesi berkelanjutan merupakan upaya guru untuk meningkatkan karier dan profesinya yang dilakukan secara sistematik dan berkelanjutan dengan menggunakan berbagai cara dan wahana, misalnya diskusi antar teman sejawat, KKG/MGMP dan sejenisnya, belajar daring, mengikuti diklat/seminar, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Guru profesional dapat menggerakkan dinamika kemajuan pendidikan nasional. Sehingga diperlukan suatu proses pembinaan berkesinambungan, tepat sasaran dan efektif. Proses dalam menghasilkan guru profesional perlu dukungan semua unsur yang terkait dengan guru. Unsur-unsur tersebut dapat dipadukan untuk menghasilkan suatu sistem yang dapat bekerja menuju pembentukan guru-guru yang profesional dalam kualitas maupun kuantitas yang mencukupi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk program implementasi PKB guru dalam meningkatkan kompetensi profesional di SMK PEMKAB. 2). Memaparkan dan menganalisis implementasi program PKB dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMK PEMKAB Ponorogo. 3) Menjelaskan dan menganalisis implikasi program PKB dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMK PEMKAB Ponorogo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data model interaktif yang dikemukakan Matthew dan A.Michael Huberman dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Temuan yang diperoleh dari implementasi PKB dalam meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu 1). Bentuk-bentuk program implementasi PKB guru dalam meningkatkan kompetensi profesional di SMK PEMKAB yang meliputi pengembangan diri melalui pendidikan dan pelatihan guru yang direfleksikan dalam pembelajaran, publikasi ilmiah dengan kegiatan penyusunan modul dan penyusunan penelitian dalam bidang pendidikan dan karya inovatif dengan kegiatan pembuatan alat peraga serta penyusunan pedoman soal ujian berupa kisi-kisi. 2) PKB guru di SMK PEMKAB Ponorogo diimplementasikan ke dalam pelatihan-pelatihan secara berkelanjutan. Pelatihan yang diikuti oleh guru tersebut dimulai dari adanya perencanaan melalui rapat kinerja tahunan yang diikuti oleh seluruh pemangku pendidikan. Tahap berikutnya adalah pelaksanaan, refleksi serta evaluasi. 3) Program PKB dalam meningkatkan kompetensi profesional guru SMK PEMKAB Ponorogo didukung oleh beberapa faktor seperti guru, lembaga dan dinas kependidikan sehingga memberikan implikasi positif yang bermanfaat bagi guru dalam menambah pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu meningkatkan kompetensi profesionalnya.

References

Darmiatun dan Nurhafizah. Peningkatan Kompetensi Pedagogig Dan Profesional Guru Tk Melalui Program Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) Di Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, no. 1 (2019): 706. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.271

Suyoto et all., PKB Guru Pasca Sertifikasi Berbasis Publikasi Ilmiah atas Hasil PTK Bagi Guru Anggota PGRI di Kabupaten Demak. Seminar PKM: Universitas PGRI Semarang, Volume 3. No. 4. (2018): 1-35.

Tune Sumar. Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Pedagogika, 10. no.2. (2020): 84-94. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.60

Kemendikbudristek. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indoneia Nomor 209 Tahun 2021 Tentang pengembangan profesi berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan. (2021): 1-120.

Wijaya, Adi and Sumarno. Evaluasi Dampak dan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Matematika di PPPTK Matematika Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,: UNY Yogyakarta. No. 21. Volume 2. (2017): 1-15. https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.10113

Siti Hamidah, Nunung. Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru. Tesis UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta: Manajemen Pendidikan Islam. (2019): (p.5)

E. Mulyasa. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Setiawan, Guntur. Implemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.

SMAN 2 Tebing Tinggi. Meningkatkan Kompetensi Guru melalui PKB. 31 Desember 2019. http://www.laman24.com/2019/12/meningkatkan-kompetensi-guru-melalui-pkb.html

Dudung, Agus.Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru Se Jakarta Timur. Jurnal Sarwahita, Volume 11. No 1. (2018): 19.

Dudung, Agus. Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan. Volume 5. No. 1 (2020): 12. http://doi.org/10.21009/JKKP

Published
2024-05-15
How to Cite
Risdamayanti, & Tintin Susilowati. (2024). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMK PEMKAB Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 4(01), 88-98. https://doi.org/10.21154/excelencia.v4i01.2977