Aktualisasi Nilai Tasamuh Dalam Pondok Pesantren Sebagai Upaya Merawat Kebhinekaan Di Era Society 5.0

  • Dedi ardiansyah IAIN PONOROGO
  • M. Miftahul Ulum

Abstract

Dalam upaya menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk nyata merawat kebhinekaan di tengah tengah kondisi sosial yang beragam, Islam hadir dengan membawa prinsip utama yang dapat menjadi pedoman untuk tetap berpegang pada ajaran Islam dan tata kehidupan sosial yang ada. Satu prinsip yang sangat penting dalam Islam, kaya akan nilai-nilai kemanusiaan adalah bersikap tasamuh terhadap keberagaman. Studi kepustakaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktualisasi nilai-nilai tasamuh dalam upayanya merawat kebhinekaan negara indonesia di era 5.0  yang dilakukan dalam ranah pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini ada dua pertama primer, dua sekunder. Semua data berasal dari literatur terkait dengan pembahasan. analisi data pada penelitian ini merupakan konten analisis. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa penerapan konsep dasar nilai tasamuh, Urgensi Merawat Kebhinekaan di Era 5.0  serta upaya Merawat Kebhinekaan indonesia melalui Aktualisasi Nilai Tasamuh dalam Pesantren. Menindaklanjuti temuan pada penelitian ini maka penerapan nilai tasamuh sebagai upaya menjaga dan merawat kebhinekaan indonesia harus dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat baik bagi kaum akademis dan nonakademis, karena tugas menjaga persatuan NKRI adalah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia

References

Afwadzi, Benny, and Miski Miski. “RELIGIOUS MODERATION IN INDONESIAN HIGHER EDUCATIONS: Literature Review.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 22, no. 2 (2021): 203–31. https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.13446.

Ahmala, M, and A Fauzi. “Piagam Madinah Sebagai Model Restrukturisasi Sistem Pemerintahan Demokrasi Di Indonesia.” Proceedings of Annual …, 2019, 243–60. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/238.

Ali Maksum. Pluralisme Dan Multikulturalisme: Paradigma Baru PAI Di Indonesia. Yogyakarta: Aditya Media Publishing, 2011.

Evanirosa, Christina Bagenda, Hasnawati, Fauzana AnnovaKhisna Azizah, Nursaeni, Maisarah, Ramsah Ali, Muwafiqus Shobri, Muhammad Adnan. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Media Sains Indonesia, 2022.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Fadli, Muhammad Rijal, and Siti Irene Astuti Dwiningrum. “PESANTREN’S DIGITAL LITERACY: An Effort to Realize the Advancement of Pesantren Education.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 22, no. 2 (2021): 338–59. https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.14221.

Fauzi, Irzhal, and Rofiatu Hosna. “The Urgency of Education in Islamic Boarding Schools in Improving The Quality of Islamic-Based Character Education.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (2022): 63–76. https://doi.org/10.24042/atjpi.v13i1.9985.

Fita Mustafida. “Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, no. 2 (April 15, 2020): 173–85. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191.

Gunawan, and Dian Rizky Mandasari. “INTERNALISASI NILAI TASAMUH DAN TAWAZUN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA SISWA MTs MA’ARIF NU KOTA MALANG,” 2022, 1–99.

Haikal, Muhammad Fikri, and Wirani Atqia. “Strategi Pembelajaran Guru Dalam Memotivasi Siswa Untuk Mencari Keberkahan Ilmu Di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara.” Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2021): 125. https://doi.org/10.47453/permata.v2i2.401.

Hamka, Indra Satriani, Harmilawati, and Irmayanti. “Penerapan Nilai-Nilai Piagam Madinah Sebagai Konstitusi Islam Dalam Mencegah Radikalisme Di Pesantren Darul Istiqamah Biroro.” Asy-Syari’ah : Jurnal Hukum Islam 8, no. 2 (2022): 30–49. https://doi.org/10.55210/assyariah.v8i2.727.

M.Hadziq Arrodhi, M.Pd.I. “Implementasi Nilai Moderasi Pada Materi Tasamuhmata Pelajaran Akidah Akhlak.” Libary Research 64, no. 2 (1993): 74–75.

Nasution, Muhammad Arsad. “Radikalisme Atau Tasamuh: Analisis Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Ahli Kitab.” Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan Dan Keperdataan 5, no. 2 (2019): 172–85. http://194.31.53.129/index.php/almaqasid/article/view/2070.

Novanshah, Diky. “Internalisasi Nilai Tasamuh Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 3 (2022): 1058–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2814.

Nurhadi, Nurhadi. “Ideologi Konstitusi Piagam Madinah Dan Relevansinya Dengan Ideologi Pancasila.” Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum Dan Konstitusi 2, no. 1 (2019): 107–29. https://doi.org/10.24090/volksgeist.v2i1.1778.

Rasyid, Muh. Haras. “Aktualisasi Nilai-Nilai Tasamuh Dalam Kehidupan Politik Di Indonesia.” Ash Shahabah Hournal Pendidikan Dan Studi Islam 5, no. 2 (2019): 171–80. http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/221%0Ahttps://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/download/221/210.

Rianti, Afika, Rizki Gunawan, Renisa Nur Kamelia Putri, and Ayu Pangestu. “Integrasi Imtaq Dan Iptek.” Excelencia: Journal of Islamic Education & Management 2, no. 01 (2022): 35–44. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.431.

Rochali, Ahmad. “Kebinekaan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Implementasinya Dalam Kehidupan Bermasyarakat (Di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten).” Disertasi, 2021, 1–332. http://books.google.com.co/books?id=iaL3AAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=intitle:Market+research+in+Practice+inauthor:hague&hl=&cd=1&source=gbs_api%0Apapers3://publication/uuid/4EEA28E9-41A0-4677-9426-7B552915D62F%0Ahttps://doi.org/10.1080/23311886.2019.16.

Rohmana, Jajang A. “THE ROOTS OF TRADITIONAL ISLAM IN MODERNIST MUSLIM WORKS: K.H. Aceng Zakaria and the Intellectual Tradition of Pesantren.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 22, no. 2 (2021): 264–91. https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.12031.

Rustandi, Ridwan, and Syarif Sahidin. “Analisis Historis Manajemen Dakwah Rosulullah Saw Dalam Piagam Madinah.” Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam 7, no. 2 (2019): 362–87. https://doi.org/10.24235/tamaddun.v7i2.5503.

Samsudin, Umar. “Pendidikan Demokrasi Dalam Kurikulum Bermuatan Ideologi Pada Institusi Pendidikan Islam.” Eduprof : Islamic Education Journal 2, no. 2 (2020): 261–77. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.37.

Subhan, Arief. Konstruksi Moderasi Beragama, 2021.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren Yang Melembaga Di Masyaraka Satu Lembaga Pendidikan Islam Tertua Di Indonesia . Awal Kehadiran Boarding School Bersifat Tradisional Untuk Mendalami Ilmu-Ilmu Agama Isl.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. I (2017): 61–82.

Tiyan, Ratih Nindea, Rindia Nengsih, Cisia Padila, and Universitas Negeri Padang. “KWL Method ( Know , Want To Know , Learned ) As An Effort To Improve Students ’ Reading Capability Yang Kesulitan Learning Metode KWL ( Know , Want To Know , Learned ) Sebagai Upaya Meningkatkan Kapabilitas Membaca Peserta Didik Yang Kesulitan Belajar” 21, no. 1 (2023): 65–71.

Ula, Ninik Yusrotul. “Konsep Pendidikan Tasamuh Dalam Mewujudkan Islam Rahmatan Lil ’Alamin Di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.” Skripsi, 2017. http://etheses.uin-malang.ac.id/10638/.

Yanti, Betria Zarpina, and Doli Witro. “Self Maturity and Tasamuh As a Resolution of Religious Conflicts.” Intizar 25, no. 2 (2019): 87–94.

Zein, Achyar, Syamsu Nahar, and Ibrahim Hasan. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an (Telaah Surah Al-Fatihah).” At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora 1, no. 2 (2017): 56–76. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/856.

Published
2024-01-03
How to Cite
Dedi ardiansyah, & M. Miftahul Ulum. (2024). Aktualisasi Nilai Tasamuh Dalam Pondok Pesantren Sebagai Upaya Merawat Kebhinekaan Di Era Society 5.0. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 261-274. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2611