Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Taisirul Khalaq Dengan Materi Ajar Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah

  • Bella Dwi Latifa Arifin Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Sri Rani Masruroh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Anis Afifah
Keywords: Akidah Akhlak, Kitab Taisirul Khalaq, Madrasah Ibtidaiyah, Materi Ajar

Abstract

Pendidikan akhlak sebagai prinsip dasar dan keutamaan sikap serta watak yang harus dimiliki oleh manusia. Pendidikan akhlak penting untuk diajarkan kepada anak usia dini supaya menjadi generasi yang berakhlak mulia, karena usia dini merupakan waktu yang tepat untuk memberikan rangsangan positif kepada anak. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif berupa penelitian perpustakaan (library research). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi konsep akhlak pada kitab Tahsirul Kholaq dengan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Dalam kitab Taisirul Khalaq karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi yang menjelaskan pendidikan akhlak terbagi menjadi 31 bab. Terdapat aspek akhlak terpuji (mahmudah) dan menghindari akhlak tercela (madzmumah) pada bab : kerukunan, persaudaraan, tata krama makan dan minum, adab menghadiri masjid, kejujuran, amanah, dermawan, rendah hati sombong dan marah yang relevan dengan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.

References

Abd Rahman, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al-Urwatul Wusta : Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022).

Abuddin Nata. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grfindo Persada, 2003.

Agung. “Pendidikan Agama Islam Dalam UU Sikdinas.” Al-Tarbawi Al-Hadistah : Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2019).

Ahmad Syauqil Adib. Akidah Akhlak MI Kelas VI. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, 2020.

Departemen Agama Republik Indonesia. “Al-Qur’an dan Terjemahnya,” 2022.

Endranul dan ’Aliyah. “Konsep Pendidikan Akhlak dalam KitabTa’lim Muta’allim Karangan Imam Az-Zarnuji”.” Gresik : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Agama, 21, no. 2 (2020).

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, dan Amat Nyoto. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.” Universitas Kanjuruan Malang 1 (2016).

Fauzan. Kurikulum dan Pembelajaran. Tangerang: GP Press, 2017.

Hafidz Hasan Mas’udi dan Abi Medan. Terjemahan Kitab Taisirul Khalaq Fil Ilmil Akhlak. Samalanga: Karya Aneuk Gampong, 2011.

Ida Herlina. Akidah Akhlak MI Kelas I. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, 2020.

Khoirul Mujahiddin. Akidah Akhlak MI Kelas III. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, 2020.

Mahdun. Akidah Akhlak MI Kelas V. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2020.

Miftahul Jannah. “Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa.” Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (2020).

Miza Nina Adlini, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Jurnal Edumaspul 6, no. 1 (2022).

Muhammad Arsyam. “Ragam Jenis Penelitian dan Prespektif.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, no. 2 (2020).

Muhammad Bahroni. “Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taisirul Khalaq karya Syaikh Khafidh Hasan Al-Mas’udi.” Jurnal Pendidikan dan Studi Kesilaman 8, no. 3 (2018).

Munasikhah. Akidah Akhlak MI Kelas II. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, 2020.

Mustafa Zuhri. Kunci Memahami Ilmu Tasawuf. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1998.

Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press, 2011.

Rubini Rubini. “Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Gunungkidul Yogyakarta.” Humanika 21, no. 1 (2021).

Subkhiatin Noor. Akidah Akhlak MI Kelas IV. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2020.

Surawardi. “Telaah Kurikulum Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal : Guidance dan Counseling 1, no. 1 (2017).

Tim detikNews. “Aksi ‘Brutal’ di SD Bukittinggi Tak Sekadar ‘Kenakalan’ Anak-anak.” Berita. detiknews (blog), 2014. https://news.detik.com/berita/d-2716676/aksi-brutal-di-sd-bukittinggi-tak-sekadar-kenakalan-anak-anak.

Uswah Sahal. “Viral Siswa SD Bunuh Diri di Banyuwangi, Dosen UM Surabaya Ungkap Bahaya Bullying.” Pendidikan (blog), 2023

Published
2024-01-08
How to Cite
Arifin, B. D. L., Sri Rani Masruroh, & Anis Afifah. (2024). Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Taisirul Khalaq Dengan Materi Ajar Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 377-392. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2533