Manajemen Program Entrepreneurship dalam Pengembangan Jiwa Kemandirian Santri

  • Aaminatul Munawaroh Pascasarjana IAIN Ponorogo
Keywords: manajemen, program entrepreneurship, pondok pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pendidikan entrepreneurship dalam pengembangan jiwa kemandirian santri yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan dunia kerja yang menyebabkan kekhawatiran para pengasuh pondok pesantren terhadap pendidikan santri yang hanya terfokus pada pendidikan agama saja tanpa diimbangi dengan integrasi pengetahuan umum, teknologi, dan pelatihan skill yang mana banyak pengangguran yang tidak terserap oleh lapangan kerja karena kurangnya skill dan kompetensi.  Peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal yaitu tempat atau lokasi penelitian hanya satu. Hasil penelitian mengenai manajemen pendidikan entrepreneurship dalam pengembangan jiwa kemandirian santri ditemukan kesesuaian fungsi dalam teori manajemen yakni meliputi: (1) Perencanaan pendidikan entrepreneurship di Pondok Pesantren Darul Huda yaitu melalui penetapan unit usaha, penentuan kebijakan dan sistem, serta pengembangan jiwa kemandirian santri melalui pengelolaan unit usaha. (2) Pelaksanaan: pengembangan jiwa kemandirian santri dari pendidikan entrepreneurship terdiri dari hard skill dan soft skill. Hard skill berupa bimbingan, pelatihan, dan pembinaan dari para asatidz dan pihak yang kompeten di bidangnya secara praktek langsung di lapangan dalam pengelolaan unit usaha. Sedangkan soft skill berupa keorganisasian santri, kemandirian, serta sosial kemasyarakatannya. (3) Evaluasi yang diadakan berupa pelaporan pertanggungjawaban kepada pihak keuangan pusat dan kepala bagian kepesantrenan untuk mengetahui hasil kegiatan, menilai dan mengoreksi segala program. 

References

B. Milles, Mathew, A. Michael Huberman, and Saldana J. Qualitative Data Analysis, A Method Sourcebook, Edition 3. London: Sage Publication Inc., 2014.

Faridah. Monograf Panduan Implementasi Manajemen Pendidikan Kewirausahaan. Pustaka Rumah Cinta, 2020.

Hasanah. Entrepreneurship Membangun Jiwa Entrepreneur Anak Melalui Pendidikan Kejuran. Makassar: Misvel Aini Jaya, 2015.

Henrizal, Erick Muhammad. Membangun Jiwa Entrepreneur. Jambi: La Goods Publishing, 2014.

Sari, Raihanah, and Mahmudah Hasanah. Pendidikan Kewirausahaan. Banjarmasin: KMedia, 2019.

Sulisno, Sarwadi, and Dhian Marita Sari. Manajemen Pengembangan Softskill

Entrepreneurship Santri. Semarang: Pilar Nusantara, 2019.

Susilaningsih. “Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Penting Untuk Semua Profesi?,.” Jurnal Economia 11 (April 2015).

Published
2024-01-05
How to Cite
Munawaroh, A. (2024). Manajemen Program Entrepreneurship dalam Pengembangan Jiwa Kemandirian Santri. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 355-362. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2363