Partisipasi Public Relations dalam Pengembangan Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo

  • Ahsana Matswaya Maulida Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Partisipasi, Public Relations, Pengembangan Pesantren

Abstract

Keberhasilan sebuah pondok pesantren tidak terlepas dari peran dan keikutsertaan masyarakat dalam memajukan dan mengembangkan pondok pesantren. Praktisi humas harus mampu membaca peluang dan kesempatan dengan sebaik mungkin, serta memanfaatkannya agar hubungan mereka dengan masyarakat semakin erat. Masyarakat tentu akan memilih lembaga pendidikan yang berkualitas. Tak jarang di antara mereka dilema untuk menemukan lembaga yang pas dengan hati mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Public Relations Pondok Pesantren Al-Islam dalam mengembangkan pesantren, serta mengetahui strategi yang disiapkan public relations dalam mengembangankan pesantren berikut dampak implikasi atas partisipasi public relations terhadap lembaga tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa partisipasi Public Relations dalam mengembangan Pondok Pesantren Al-Islam melalui kegiatan berikut ini: partisipasi berupa uang, harta, tenaga, ketrampilan, sosial, proses pengambilan keputusan, dan representatif. Adapun strategi yang dipilih diantaranya sebagai berikut: a. Strategi Public Relations dalam meningkatkan kinerja Sumber Daya Manusia, b. Strategi Public Relations dalam meningkatkan produk dan layanan. Sedangkan dampak implikasi atas partisipasi yang dijalankan public relations dibuktikan dengan banyak keberhasilan yang diraih diantaranya: a. keberhasilan public relations dalam menciptakan kepercayaan masyarakat b. keberhasilan public relations dalam rangka mengajak kerjasama dengan instansi lain c. keberhasilan public relations dalam membangun informasi komunikasi dengan stakeholder internal dan eksternal d. mendayagunakan alumni sebagai penyalur informasi dan syiar kepada masyarakat.

References

Amirin, Tatang M. “Membedah Konsep dan Teori Partisipasi Serta Implikasi Operasionalnya Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal: Dinamika Pendidikan Nomor 01/Th. XII Maret 2005, 78.

Butterick, Keith. Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Depok: Raja Grafindo Persada, 2013.

Chatamallah, Maman. “Strategi “Public Relations” dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations” di Provinsi Banten.” Mediator, Volume 9 Nomor 2 Desember 2008.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dilengkapi Panduan Waqaf & Ibtida’. Jakarta: Suara Agung, 2018.

Fathurrochman, Irwan. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup.” TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 01, 2017.

Fauziyati, Wiwin Rif’atul. “Strategi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Menuju Generasi Maju Indonesia.” Jurnal: Qalamuna 10, nomor 1, 2018.

Ghony, Djunaidi dan Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Hakim, Muhammad Nur. “Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto).” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 4 Nomor 1 Tahun 2019.

_______. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan,” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 2 November 2016.

http://nidafijriyah.blogspot.com/2012/05/normal-0-false-false-false-in-xnonear22. .html. Partisipasi Masyarakat dalam proses pendidikan. Diakses tanggal 08 Oktober 2021 pukul 16.00 WIB

http:nelpiyantihulopi.blogspot.com, diakses pada tanggal 1 Maret 2020 pukul 13.00 WIB.

Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta, 2008.

Khatib, Ach. “Manajemen Hubungan Masyarakat Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Darmista, Lenteng, Sumenep.” JPIK Volume 2 Nomor 1, Maret 2019.

Krismiyati. “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak.“Office, Vol. 3 No. 1 2017.

Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Mutiara Sumber Widia, 1992.

Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.

_______. Dialog Keterbukaan. Jakarta: Paramadina, 1980.

_______. Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina, 1992.

Mashur, Muhammad Ahsin. Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Partisipasi Sekitar Sekolah. Rembang: Madrasah Mu’allimin Mu’allimat, 2011.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Miles dan A. Huberman. Analisis Data Kualitatif . Jakarta: UI-Press, 1992.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

_______. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

_______.Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Mudillah. Strategi Marketing Public Relations Jenahara Dalam Memasarkan Busana Muslim. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2016.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Muslimin. Hubungan Masyarakat dan Konsep Kepribadian. Malang: UMM Press, 2004.

Mujib, Abdul & Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Mukarom, Zainal dan Muhibudin Wijaya Laksana. Manajemen Public Relation (Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat). Bandung: Pustaka Setia: 2015.

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Nasution, Zulkarnain. Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan: Konsep, Fenomena, Dan Aplikasinya. Malang: UMM Press, 2010.

Parhan. Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Thohir Yasin Lendang Nangka Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB). Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2017.

Permendiknas No. 22/2006, Lampiran 3. Jakarta: Depdiknas, 2006.

Ruslan, Rosady. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Saldana., Miles & Huberman. Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications, 2014.

Schmitz, Andy. Organizational Factors for Excellent Public Relations,. 29 Desember 2015.

Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah, Pendidikan Islam dalam Kurun. Jakarta: LP3ES, 1996.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan RD. Bandung: Alfabeta, 2007.

Suhardi, Muhammad & M. Ary Irawan. “Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Pondok Pesantren.” Jurnal Kependidikan. Mataram: LPPM IKIP 14 (4) (2015).

Sulthon & Khusnurdilo. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2005.

Taliziduhu, Ndraha. Pembangunan Masyarakat Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Tim Penyusun. Buku Pedoman Penulisan Tesis Edisi Revisi. Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2017.

Totok, Mardikanto. Bunga Rampai Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press, 1994.

Winarto, Heri. Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Pencitraan Publik di TK An Nur Tugurejo Semarang. Semarang: IAIN Wali Songo Semarang, 2010.

Yasin, A.Fatah . Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Zamroni dan Hasan Baharun. Manajemen Mutu Pendidikan. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2017.

Published
2024-01-05
How to Cite
Maulida, A. M. (2024). Partisipasi Public Relations dalam Pengembangan Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 363-376. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2361