Implementasi Sistem Informasi Manajemen Melalui Kartu Aksi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MA Darul Huda Mayak

  • Rizki Dinar Febrianti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Implementasi, Kartu Aksi, Kedisiplinan Siswa, Sistem Informasi Manajemen

Abstract

Saat ini segala sesuatu dilakukan secara digital. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kedisiplinan siswa perlu diterapkan sistem informasi manajemen. Hal tersebut ditujukan untuk membantu lembaga sekolah mencapai tujuan pendidikan berupa kedisiplinan siswa. Di antara permasalahan kedisiplinan yang ada pada pendidikan di Indonesia ialah perilaku-perilaku siswa yang menyimpang, misalnya semangat belajar yang semakin hari semakin menurun, kemerosotan moral, membolos pada saat jam pelajaran masih berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Perencanaan sistem informasi manajemen melalui kartu aksi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda, (2) Pelaksanaan sistem informasi manajemen, (3) Implikasi sistem informasi manajemen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan sistem informasi manajemen melalui kartu aksi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda melalui beberapa tahapan yaitu; pemerolehan data melalui pengisian formulir, foto untuk data diri, pengolahan data ke dalam aplikasi aksi, yang mana akan menghasilkan suatu kemudahan dalam menertibkan siswa. (2) Kartu aksi dalam pelaksanaannya dapat meningkatkan kedisiplinan siswa, karena dengan adanya peraturan dan skor yang diberikan siswa akan lebih berhati-hati dalam bertindak. (3) Implikasi adanya pelaksanaan kartu aksi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda ialah siswa dapat merasa bertanggungjawab dan disiplin terhadap perilaku yang akan dilaksanakan.

References

Daftar Pustaka
Agus, Didik Triwiyono dan Danny Meirawan. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar,” Jurnal Administrasi Pendidikan 17, No. 1, 2013.

Darmawan, Deni dan Kunkun Nur Fauzi. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Hakim, Lukman, Prinsip-Prinsip DasarSistem Informasi Manajemen.Jambi: Timur Laut Aksara, 2019
Irwansa dan Muh Arsyad Maf’ul, “Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah pada Siswa di SMK Negeri 1 Makassar”, Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 2, no.1, 2015, 2.
Kemendikbudristek, “Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 2o9lp/2o2t tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah,” 2021.
Munaddhomah, Afif Zamroni. “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1, 2020.

Marmoah, Sri. Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktik). Deeepublish: Yogyakarta, 2018.

Nurani, Rini. “Manajemen Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk Meningkatkan Disiplin Peserta Didik dalam Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4, no. 7 (2021). https://doi.org/(2614-8854).
Rochaety, Eti dan Pontjorini Rahayuningsih, Prima Gusti Yanthi. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Sarwono, Sarlito W. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo, 2010.
Siagian, P Sondang. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Bumi Aksara, 2006.
Zamroni, Afif. “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, No. 1 (2020).
Published
2024-01-05
How to Cite
Rizki Dinar Febrianti. (2024). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Melalui Kartu Aksi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MA Darul Huda Mayak. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 325-338. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2358