Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

  • Magfirotul Istiqomah Magfirotul IAIN Ponorogo
Keywords: Kurikulum, Madrasah Diniyah, Manajemen, Mutu Lulusan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mutu lulusan madrasah diniyah yang perlu untuk ditingkatkan dan dimaksimalkan supaya berkualitas baik dari sisi potensi akademik maupun sosial dan spiritualnya. Peningkatan mutu lulusan dapat dipengaruhi salah satunya dari aspek manajemen kurikulum lembaga tersebut. Manajemen kurikulum memegang peranan yang sangat penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu atau berkualitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun dalam teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Hasil dari penelitian ini: Pertama, perencanaan kurikulum di Madrasah Miftahul Huda dilaksanakan dengan mempertimbangkan terlebih dahulu aspek-aspek yang berkaitan dengan kurikulum, yaitu penentuan tujuan kurikulum, isi kurikulum, dan metode yang diterapkan. Kedua, pengorganisasian kurikulum di Madrasah Miftahul Huda dilaksanakan dengan tahapan menentukan perincian materi pelajaran, pembagian materi pelajaran berdasarkan jenjang, penyusunan jadwal dan penetapan guru pengampu pelajaran. Ketiga, pelaksanaan kurikulum di Madrasah Miftahul Huda ini meliputi dua kegiatan pokok, yaitu pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan program melalui diklat atau praktikum yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Keempat, evaluasi kurikulum di Madrasah Miftahul Huda dilaksanakan dengan dua tahapan yakni evaluasi pelaksanaan kurikulum dan perbaikan program. Evaluasi pelaksanaan kurikulum ini dilaksanakan satu kali selama satu tahun, yaitu pada setiap awal tahun ajaran baru dalam bentuk pengkategorian kelulusan santri yang terbagi menjadi dua, yaitu lulus mumtaz dan lulus tamm. Sedangkan perbaikan program melalui pelaksanaan ujian membaca kitab Fathul Qarib bagi santri kelas 5 dan 6.

References

Al-Ghazali, Muhammad. التعصب و التسامح بين المسيحية والإسلام. Mesir: نهضة مصر للطباعة و النشر و التوزيع, 2005.

Ansori, Ahmad Saiful, Abdul Aziz, and Ismatul Izzah. “Manajemen Kurikulum Madrasah Diniyah Babussalam Wangkal Gading Probolinggo,” Jurnal Kewarganegaraan, 6, no. 2 (2022).

Direktorat Pendidikan Keagamaan & Pondok Pesantren Dirjen Kelembagaan Agama. Pedoman Penyelenggaraan Dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta: Departemen Agama RI, 2003.

Fitri, Agus Zaenal. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Dari Normatif – Filosofis Ke Praktis. Bandung: Alfabeta, 2013.

Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Hamid, Hamdani. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2201.

Huberman, A. Michael, and Jhonny Saldana. Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook. America: Arizona State University, 2014.

Machali, Imam, and Ara Hidayat. The Handbook of Education Management Teori Dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah Di Indonesia. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2016.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Nizah, Nuriyatun. “Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis,” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11, no. 1 (6).

Pembelajaran, Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Rohmad, and Nur Kolis. “Implementasi Hiden Curriculum Pesantren Untuk Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo,” Journal of Islamic Education & Management, 1, no. 2 (2021).

Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2014.

Syahr, Zulfia Hanum Alfi. “Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat,” Intizar, 22, no. 2 (2016).

Taruna, Mulyani Mudis. “Manajemen Kurikulum Di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kota Gede D.I. YogyakarTa” 16, no. 1 (2009).

Triwiyanto, Teguh. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Wahyudin, Dinn. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Published
2024-01-05
How to Cite
Magfirotul, M. I. (2024). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo . Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 339-354. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2357