Manajemen Program Takhasus dalam Meningkatkan Keterampilan Santri di Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

  • Shally Hudayani Pascasarjana IAIN Ponorogo
  • Mukhibat Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Hard skills, Keterampilan Santri, Manajemen Program Takhasus, Soft skills

Abstract

Program Takhasus di Madrasah Miftahul Huda Mayak merupakan program yang memiliki keunikan yaitu memiliki program utama yaitu pengajaran kitab-kitab kuning yang mu’tabaroh hasil ijtihad ulama’-ulama’ besar Islam untuk memperluas ilmu pengetahuan santri yang berhubungan dengan ilmu keagamaan yang sudah diatur oleh madrasah, dan memiliki program penunjang yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan keterampilan yang bersifat mingguan, bulanan, tahunan dan kondisional yang diatur secara sistematis oleh organisasi Ikatan Santri Takhasus (Iksant). Penulisan ini dilatar belakangi oleh anggapan bahwa tidak semua santri atau lulusan pesantren akan menjadi kyai atau ulama, namun terjun ke pekerjaan di bidang lain, maka keahlian-keahlian seperti pendidikan keahlian dan keterampilan yang merupakan bagian dari skill perlu diberikan kepada santri sebelum santri terjun ke masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan, mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan program Takhasus di Madrasah Miftahul Huda Mayak Ponorogo, dan mengetahui implikasi program Takhasus dalam meningkatkan keterampilan santri di Madrasah Miftahul Huda Mayak. Metode  penelitian yang digunakan  adalah penulisan kualitatif dengan jenis penulisan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Mattew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program Takhasus di Madrasah Miftahul Huda Mayak melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, dan implikasi program kerja Takhasus dalam meningkatkan keterampilan santri adalah adanya peningkatan soft skill dan hard skill.

References

Abd Rohman. Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media, 2017.
Abdul Mutolib. “Ternyata Soft Skill 90% Menentukan Kesuksesan.” Https://www.kompasiana.com/abdul71880/5f1ea4e1097f362e9b0714f2/ternyata-soft-skill-90-menentukan-kesuksesan, 2020.
Abu Yasid. Paradigma Baru Pesantren. Yogyakarta: IRCiSoD, 2018.
AN Ubaedy. Berkarier Di Era Global. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2008.
Ara Hidayat, Imam Machali. The Handbook Of Education Management; Teori Dan Praktek Pengelolaan Sekolah/ Madrasah Di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2016.
Arief Subhan. Lembaga Pendidikan Pendidikan Islam Indonesia Abad 20: Pergumulan Antara Modernisasi Dan Identitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Binti Qoni’ah. “Model Pengembangan Pendidikan Hard Skill Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019.
Darwanto. “Hard Skills Matematik Siswa (Pengertian Dan Indikatornya.” Jurnal Eksponen Volume 9 No. 1 (2019).
Departemen Agama RI. Pedoman Penyelenggaraan Dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta: Departemen Agama RI, 2000.
Ffitra Delita, Elfayetti, dan Tumiar Sidauruk. Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Vol. 8 No.2. Universitas Negeri Medan: Jurnal Geografi, 2016.
Isna Faridatun Nadziroh dan Muhammad Thoyib. “Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Potensi Diri Siswa Melalui Organisasi Ssiswa Intra Sekolah (Studi Kasus Di Smp Negeri 5 Ponorogo).” Edumanagerial Vol. 1 No 1 (2022): 67.
Kurnali. Kapita Selekta Pendidikan: Mengurai Benang Kusut Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Lukman Hakim, Mukhtar. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Jambi: Timur Laut Aksara, 2018.
Moh Anwar. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta, 2006.
Muhamad Mustari. Manajemen Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2014.
Nurul Hidayati dan Khasbi Faqih. Pahami Sebelum Sesali. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.
Oktiya Hayyu Liyandani dan Nur Kolis. “Kebijakan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia.” Edukasia : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 2 (2021).
Rahmat Hidayat dan Abdillah. Ilmu Pendidikan, Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Medan: Penerbit LPPPI, 2019.
Riyanto Haribowo, Suhardjono. Buku Ajar Soft Skill Dan Kepemimpinan. Yogyakarta: PT Nas Media Indonesia, 2022.
Riyuzen Praja Tuala. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Bandar Lampung: Lintang Rasi Aksara Books, 2018.
S. Eko Putro Widoyoko dan Saifuddin Zuhri Qudsy. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Taufiqurokhman. Konsep Dan Kajian Ilmu Perencanaan. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, 2008.
Umar Sidiq. Manajemen Madrasah. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2018.
Wahyu Khafidah. Pendidikan Berbasis Soft Skill Pada SMA Swasta Di Banda Aceh. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2018.
Widarto. Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Vokasi Melalui Clop Work. Yogyakarta: Paramitra Publishing, 2011.
Wildan Zaenur Romdhoni dan Muhammad Thoyib. “Manajemen Program Pengembangan Potensi Dan Kreativitas Santri Pondok Pesantren (Studi Analisis Kualitatif Di PPTQ al-Hasan Ponorogo).” Edumanagerial Vol. 1 No 2 (2022).
Published
2024-01-02
How to Cite
Hudayani, S., & Mukhibat. (2024). Manajemen Program Takhasus dalam Meningkatkan Keterampilan Santri di Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 245-260. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2356