Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Al-Ghozali Private Course Center (APCC) Ponorogo

  • Rindy Lifia DF Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Mukhibat Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Dhinuk Puspita Kirana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Manajemen, perencanaan, rekrutmen dan pengembangan pendidik, Sumber Daya Manusia

Abstract

Lembaga Pendidikan Al-Ghozali Private Course Center Jetis Ponorogo ini sangat mengutamakan kualitas dan keprofesionalan gurunya dalam mengajarkan siswa di rumah. Pengembangan guru secara konsisten adalah hal yang harus dipertahankan dan disamakan antara guru satu dengan guru yang lain, baik menyangkut latar belakang pendidikannya maupun menyangkut metodologis dan penguasaan strategi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Penelitian ini menghasilkan temuan:1) Prinsip yang dimiliki oleh APCC adalah semakin banyak job maka akan semakin sejahtera dan totalitas. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga informasi lowongan disebarkan di WhatsApp staf guru dan Instagram APCC. Dalam akun tersebut terdapat dokumentasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh APCC. Setelah memenuhi pemberkasan maka akan diinterview terlebih dahulu. Tahap selanjutnya akan ada pengenalan APCC terkait prosedur dan ciri khas paten yang dimiliki oleh APCC. Guru yang diterima akan diberikan lokasi private yang sesuai dengan alamat domisili. 2) Bentuk pengembangan pendidik melalui coaching conseling, mentoring, motivating, dan empowering. Dilihat dari proses mengajar, guru harus menerapkan metode funny learning, drilling method dan learning by doing serta memberikan rewarding kepada siswa yang kurang fokus.

References

Azhar Afandi dkk, Manajemen SDM Strategik: Strategi Mengelola Karyawan di Era 4.0.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah tantangan Milenium III. Kencana Prenada Media Group, 2012.

Bawawi, Imam. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. KIS, 2016.

Bintang Visitama Publisher, 2021.

Emron Edison dkk. Manajemen Sumber Daya Manusia (strategi dan perubahan dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai dan organisasi. Alfabeta, 2018.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia edisi revisi. PT Bumi Aksara, 2002.

Iqbal Arraniri dkk. Manajemen Sumber Daya Manusia. Insania, 2021.

Kurniawaty dkk. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pradina Pustaka, 2022.

Mila Badriyah. Manajemen Sumber Daya Manusia. CV Pustaka Setia, 2015.

Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Peneltian. Matthew B, Miles, A. Michael Huberman, Jhonny Saldana, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. SAGE, 2014.

Riniwati, Harsuko. Manajemen Sumber Daya Manusia. Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. UB Media,2016.

Sudarmanto. Kinerja Pengembangan Kompetensi SDM. Pustaka Pelajar, 2009.

Published
2024-01-03
How to Cite
Lifia DF, R., Mukhibat, & Kirana, D. P. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Al-Ghozali Private Course Center (APCC) Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 293-304. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2336